Notification

×

Iklan

Iklan

Ada 4 Acara Utama Dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia ke-IX

Selasa, 25 Juli 2023 | 4:14 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-07-25T08:14:48Z

 

Konferensi pers oleh Yayasan BaKTI pada Selasa,25 Juli 2023. (Foto: Nixon Tae).

Kupang,Timorexotic.com|| Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap melaksananakan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023, yang akan digelar tangga 26-27 Juli 2023 di Kota Kupang. 


Demikian disampaikan Direktur Yayasan BaKTI, Muhamad Yusril, dalam konferensi pers yang digelar Yayasan BaKTI di Hotel Harper. Selasa, 20 Juli 2023.


"Yayasan BaKTI adalah lembaga yang berfokus kepada pertukaran pengetahuan tentang program pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Salah satu program intinya adalah event berbagi pengetahuan yang dilakukan melalui pelaksananaan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI), dan tahun 2023 merupakan pelaksanaan Festival Forum KTI yang ke-9," jelas Muhamad.


Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (Forum KTI) IX 2023 digelar Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT di Kota Kupang pada tangga 26-27 Juli 2023 di Hotel Harper Kupang. 


Festival ini, jelas Muhamad Yusril, memungkinkan peserta berbagi informasi tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat local. untuk memperkuat harmonisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.


Di Festival Forum Kawasan Timur Indonesia, katanya, peserta dapat mempelajari dan menyerap praktik baru yang memungkinkan mereka bekerja lebih efektif. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengenal dan membangun hubungan baik dengan para pelaku pembangunan.


Selama dua hari pelaksanaan Festival Forum KTI diharapkan akan dihadiri oleh setidaknya 1.000 peserta yang merupakan perwakilan dari prominent figure pemerintah nasional dan pemerintah daerah, serta mitra pembangunan internasional dan nasional. Selain itu, organisasi non-pemerintah, akademisi, sektor swasta, pemuda, petani, nelayan, masyarakat adat, profesional, jurnalis, mahasiswa, dan pemerhati kawasan timur Indonesia.


Muhamad Yusril menjelaskan, Festival Forum KTI IX 2023 akan diisi dengan acara Panggung Inspirasi sebagai acara utama dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. 


Ada empat acara utama yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. Keempat acara tersebut adalah Panggung Inspirasi, Galeri Informasi dan Pameran Foto, Side Events, dan Malam Budaya,


Panggung Inspirasi


Panggung Inspirasi akan menampilkan empat praktik cerdas dan sebelas inspirator, mereka yang adalah pelaku pembangunan, inovator, dan praktisi untuk memaparkan pengalaman terbaik, pembelajaran, inovasi, dan kisah sukses yang menjawab tantangan pembangunan di berbagai daerah di kawasan timur Indonesia.


Empat Praktik Cerdas dari Kawasan Timur Indonesia akan ditampilkan dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (Festival Forum KTI) IX di Hotel Harper Kupang, pada 26 dan 27 Juli 2023. Praktik Cerdas adalah upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan dan berdampak nyata. Keempat praktik cerdas tersebut adalah Sistem Pertanian Terintegrasi di Kupang, Nusa Tenggara Timur; Shelter Warga Merawat Kepedulian Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Optimalisasi PAD melalui Pajak dan Retribusi Online di Langgur, Maluku Tenggara; dan Manusia Sehat Merawat Bumi Borneo di Kayong Utara, Kalimantan


Selain empat praktik cerdas, sebanyak sebelas figur inspiratif juga akan berbagi gagasan dan kisah sukses mereka di Panggung Inspirasi. Salah satu figur inspiratif yang terpilih untuk berbagi kisah sukses adalah ibu Julie Sutrisno Laiskodat. Di Festival Forum Kawasan Timur Indonesia ini beliau akan berbagai pengalaman merevitalisasi Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Galeri Informasi dan Pameran Foto


Galeri informasi adalah ruang pameran yang disediakan bagi para pelaku pembangunan dari seluruh Indonesia untuk menampilkan inovasi dan produk pengetahuan dari kerja-kerja mereka di Kawasan Timur Indonesia. Lembaga dan instansi yang akan memamerkan hasil kerja dan karya-karyanya antara lain adalah DFAT Australia, UMKM Binaan Dekranasda dan Bank NTT, Unicef Indonesia, Wahana Visi Indonesia, Mercy Corps Indonesia - NZMATES, British Council, USAID ERAT, William & Lily Foundation, Re.Search, HIVOS-VCA, dan PT. NIRAS International Consulting Indonesia.


Sebanyak 17 acara diskusi yang mengangkat beragam upaya pembangunan yang berhasil dan diperlukan dalam memajukan kawasan timur Indonesia akan diadakan pada sore hingga malam hari selama pelaksanaan Festival Forum KTI di Kupang ini. Acara ini terbuka untuk umum namun bagi yang akan menghadirinya perlu melakukan registrasi terlebih dahulu mengingat terbatasnya tempat yang tersedia.


Di akhir hari pelaksanaan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia akan diadakan malam budaya yang merupakan bagian dari Festival Seni dan Budaya Kupang Doldolu, kerjasama Yayasan BaKTI, Pemerintah Kota Kupang dan Bank BTN Nusa Tenggara Timur. Festival Seni dan Budaya Kupang Doldolu merupakan ajang yang seru untuk memperkenalkan budaya masyarakat NTT yang kaya melalui pertunjukan musik, tari, lagu, tekstil dan kuliner khas guna meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap budaya NTT.

Penulis: Febro Kapitan 

Editor  : Nixon Tae 


×
Berita Terbaru Update