Notification

×

Iklan

Iklan

Seluruh Kampus di Indonesia Timur, Kampus PNK Dipercaya Selenggarakan Program Wirausaha Merdeka

Jumat, 09 September 2022 | 9:01 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2022-09-09T01:39:07Z

Kupang,Timorexotik.com||Kampus Poiliteknik Negeri Kupang menjadi salah satu dari tujuh belas (17) Perguruan Tinggi pelaksana terpilih dari seluruh kampus di Indonesia dan menjadi satu-satunya PT pelaksana di Indonesia Timur yang berhak menjadi penyelenggara program Wirausaha Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Kegiatan Grand Loucing Wira Usaha Mereka di selenggarakan di Auditorium Kampus Politeknik Negeri Kupang, acara tersebut di buka oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang diwakili oleh Kepala Bidang Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi di dampingi Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi, ST., M.Eng dan Wakil Bupati Kabupaten Kupang Jerry Manafe, S.H., M.Th., serta beberapa Rektor dari perwakilan kampus-kampus yang hadir pada kegiatan tersebut, Kamis, 08/09/22. 

Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi, ST., M.Eng pada kesempatan menyampaikan bahwa, untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia Timur Kampus Politeknik Negeri Kupang dipercaya selenggarakan program Wirausaha Merdeka 2022. 

"Program Wirausaha Merdeka merupakan salah satu program dari delapan (8) program unggulan yang ditetapkan KEMENDIKBUDRISTEK yang bertujuan memberikan kesempatan bagi anak-anak mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausaha melalui aktivitas di luar kelas, dengan dibimbing oleh para mentor dan praktisi yang berpengelaman di bidang pengembangan usaha mikro kecil dan menengah," jelas Frans Mangngi. 

Lebih lanjut Ketua program wirausaha merdeka bagi mahasiswa Indonesia bagian timur Hapsa Usman,SE.MM menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Wira Usaha Merdeka Politeknik Negeri Kupang, untuk mahasiswa bagian timur ini adalah, melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan Wirausaha kedepannya serta dapat menciptakan calon-calon start up muda yang lahir dari dunia kampus. 

"Selain sebagai implementasi dari delapan program MPKM, serta menyiapkan mahasiswa ketika mereka setelah tamat bisa menjadi alumni yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan," ucap Hapsa.

Pada kesempatan itu juga pihak Politeknik Negeri Kupang memberikan banyak terimakasih kepada, Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno Laiskodat yang hadir pada Grand Loucing Wira Usaha Merdeka itu. 

"Suatu kebanggaan boleh menjadi Moderator untuk ibu ketua Dekranasda NTT sekaligus Anggota DPR-RI, Ibu Yulie Sutrisno Laiskodat, sebagai Nara Sumber dalam lounching Wirausaha Merdeka (WMK) Indonesia Bagian Timur di Politeknik Negeri Kupang sebagai pelaksana WMK," pintanya.

 Adapun nama program yang diusung oleh Inkubator Bisnis Politeknik Negeri Kupang adalah START UP MERDEKA TUMBUH DAN TANGGUH, dengan bertemakan Explosion of Entrepreneurship. Program Wirausaha Merdeka dilaksanakan untuk menjadi wahana peningkatan mutu pendidikan tinggi dengan memfasilitasi, mendorong, mempercepat Perguruan Tinggi mencapai tujuannya yang tercermin dalam 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PT) yang ditetapkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2020 tentang IKU PTN dan LLDIKTI di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, khususnya untuk Program Wirausaha Merdeka terkait dengan: (IKU-1) Aspek peningkatan kualitas lulusan yaitu kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak/berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan (IKU-2) Aspek peningkatan kualitas mahasiswa yaitu dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk bisa belajar dan berprestasi dalam kegiatan di luar kampus. 

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. 

Program Start Up Merdeka Tumbuh dan tangguh dari PNK ini mengajak para mahasiswa dari berbagai kampus di NTT untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. 

1001 Mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi pada program ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan (agent of change) yang membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dan menjadi agen penggerak (agent of driven) dalam memberikan solusi inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan melalui peluang danperkembangan bisnis mahasiswa, serta menjadi agen pelopor (agent of creator) untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan baru di Indonesia. 

Dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka Tahun 2022 di Politeknik Negeri Kupang, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 20. 

Program Wirausaha Merdeka berfokus pada mahasiswa yang memiliki passion dan potensi meningkatkan kapasitas entrepreneur dan daya saing di bursa kerja.

Selain itu, program ini bertujuan antara lain;

1. Membentuk dan menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan bagi mahasiswa;

2. Memberikan peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa baik melalui kegiatan seminar, pembelajaran dikelas, kunjungan UMKM, Kunjungan Industri dan Magang;

3. Meningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa;

4. Mengembangkan wawasan dan mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi;

5. Memberi manfaat bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial dalam berinovasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan wirausaha di Perguruan Tinggi;

6. Penguatan metode pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi;

7. Membantu meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi;

8. Membantu mengurangi potensi tingkat pengangguran terdidik dari Perguruan Tinggi;

9. Memberikan fasilitas bagi mahasiswa untuk memperoleh tempat pendidikan dan pengalaman berwirausaha yang berkualitas, yang layak diberikan kredit maksimal 20 SKS;

10. Meningkatkan peran dan kontribusi nyata Perguruan Tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Dengan demikian, sangat diharapkan melalui program ini dapat menumbuhkan start up-start up baru yang tangguh, mampu berinovasi di NTT dan tangguh kedepannya serta berdampak bagi Bangsa. 

Melalui program ini juga kampus PNK dapat mengembangkan model pengembangan kewirausahaan yang inovatif dan kreatif sehingga dapat menjadi acuan bagi PT lainnya serta memberi inspirasi praktik terbaik (best practice) yang dapat membantu pencapaian (IKU-1) yaitu aspek peningkatan kualitas lulusan dalam kesiapan kerja lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak /berwirausaha setelah menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi dan capaian (IKU-2) yaitu aspek peningkatan kualitas mahasiswa berupa dukungan dan apresiasi terhadap mahasiswa untuk belajar dan berprestasi dalam kegiatan luar kampus.

Penulis : Okto Rohan/TE. 

×
Berita Terbaru Update