Notification

×

Iklan

Iklan

Direktur PNK Minta Wisudawan Harus Terus Belajar dan Mengasah Pengetahuan

Minggu, 11 Juni 2023 | 12:56 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-06-10T17:09:13Z
Wisudawan/wati Politeknik Negeri Kupang Periode Juni 2023.

Kupang, Timorexotic.com|| Politeknik Negeri Kupang (PNK) laksanakan Wisuda Sarjana Terapan dan Ahli Madya PNK Periode Juni 2023. Periode pertama tahun ini sebanyak 511 orang wisudawan/wati.


Prosesi rapat senat terbuka luar biasa Politeknik Negeri Kupang dalam rangka wisuda sarjana terapan ahli madya terebut berlangsung di ruang Auditorium Politeknik Negeri Kupang (PNK) pada Sabtu,10 Juni 2023. Dipimpin oleh Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi, ST.,M.Eng.

Wisuda tahun ini Politeknik Negeri Kupang (PNK) mewisudakan 511 orang dari 6 jurusan yang ada yakni; Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Jurusan Pariwisata, Akuntansi dan Administrasi Bisnis.

Frans Mangngi pada kesempatan itu mengatakan, Sarjana Terapan dan Ahli Madya adalah gelar yang sangat berharga dalam dunia industri dan dunia kerja saat ini. Pendidikan yang diterima di Politeknik Negeri Kupang telah memberikan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dan siap digunakan di tempat kerja. "Saya yakin Anda telah dilengkapi dengan keterampilan praktis yang akan membantu Anda berhasil dalam karir Anda masing-masing. Namun, wisuda ini bukanlah akhir dari perjalanan pendidikan Anda. Dunia terus berubah dan berkembang. Anda harus selalu siap untuk terus belajar dan teruslah mengasah pengetahuan dan keterampilan Anda, teruslah mengejar pengetahuan baru, dan jangan pernah berhenti dalam mencari kesempatan untuk tumbuh dan berkembang," ucap Frans.


Lanjutnya, wisudawan/wati telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di Politeknik Negeri Kupang, pencapaian ini adalah bukti kerja keras, dan dedikasi yang tentu tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat dalam usaha tersebut, terutama para orang tua, keluarga dan orang-orang yang dikasihi.


"Kepada para wisudawan/wati, kami mengucapkan Selamat dan Proviciat atas kesuksesan Saudara, dan kita berdoa bersama semoga ilmu dan keterampilan yang telah Saudara pelajari di PNK dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Kami berpesan teruslah tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Saudara untuk mengimbangi perkembangan dan kemajuan yang ada di dunia industri maupun persaingan global. Jagalah Selalu nama baik Politeknik Negeri Kupang dan bangunlah komunikasi yang baik dengan almamater," ungkapnya.


Seiring dengan perkembangan Teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini, Negeri bertekad untuk terus meningkatkan layanan akademik serta tata kelola yang sesuai dengan perkembangan Teknologi dan tuntutan pengguna lulusan dan stakeholders. 


"Kami menyadari sepenuhnya bahwa perkembangan teknologi saat ini akan mempengaruhi proses pendidikan yang kami lakukan di Politeknik, maupun tuntutan masyarakat khususnya pengguna lulusan dari PNK. Untuk itu maka kami terus berusaha dan membuka diri untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut," pinta Frans.


Saat ini PNK terus beradaptasi dan berakselerasi dalam mengembangkan dan menerapkan kurikulum berbasis Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM), yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa PNK untuk terlibat aktif dalam berbagai program MBKM baik yang dilakukan secara mandiri oleh Jurusan dan program studi yang ada di PNK seperti Program Magang dan PKL, maupun mengikuti program Kemendikbudristek seperti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Program Magang Keluar Negeri (IISMA), Program Praktisi Mengajar, Program Magang dan studi independent bersertifikat (MSIB), PKM. dan berbagai program MB-KM yang terus diluncurkan Kemendikbudristek;


Semua program MBKM tersebut dirancang untuk memastikan mahasiswa mendapatkan keterampilan dan kompetensi utama, terbaik, dan terkini untuk menghadapi dunia masa depan. Mahasiswa mendapat pengalaman belajar di luar kampus selama lebih dari 16 hingga 24 minggu dengan mengkonversi SKS mata kuliah yang diambil.


Sebagai bukti keseriusan Politeknik Negeri Kupang untuk berakselerasi dan bertransformasi mengikuti Program Kampus Merdeka - Merdeka Belajar, pada tanggal 30 Mei 2023 dalam puncak kegiatan perayaan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023; Politeknik Negeri Kupang Menerima Anugerah Penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, sebagai "Perguruan Tinggi Vokasi dengan Prosentase Jumlah Mahasiswa Terbanyak Mengikuti Program MBKM"


Keberhasilan tersebut merupakan bukti dedikasi dan kerja keras seluruh civitas akademika PNK untuk memajukan mutu dan kualitas Pendidikan di Politeknik Negeri Kupang.


"Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan berterima kasih atas kerja keras semua teman-teman di PNK, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan untuk pencapaian dan prestasi tersebut. Saya mengajak kita semua untuk terus berkarya, bersinergi dan berkolaborasi dalam memajukan Lembaga yang kita cintai bersama," imbuhnya.


"Pada yang baik ini, tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Masyarakat NTT secara umum maupun secara khusus kepada Orang Tua Mahasiswa yang telah mempercayakan Putra dan Putrinya untuk mengikuti proses Pendidikan di PNK," pungkas Frans Mangngi. 


Kepercayaan yang besar bagi PNK ini tentu akan mendorong dan memberikan motivasi kepada segenap Civitas Akademika PNK untuk lebih bekerja keras dalam meningkatkan Mutu Pelayanannya ke depan.

*(Nixon Tae) 

×
Berita Terbaru Update