Notification

×

Iklan

Iklan

Kota Dingin di Pulau Timor dan Wisata Alam Nan Exotic

Rabu, 14 Juni 2023 | 10:16 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-06-14T02:16:35Z

 

Gambar ilustrasi 

Timorexotic.com|| Mengenal lebih dekat wilayah paling dingin di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT), nah seringkali yang terlintas di pikiran sobat Timor Exotic adalah NTT selalu terlihat gersang, namun ternyata bukan saja di Rusia mengalami musim dingin yang lama dibandingkan dengan musim panasnya. 


Rupanya Pulau Timor, NTT juga memilki wilayah yang paling dingin seperti Soe adalah ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia, Kota ini terletak diatas permukaan laut dan sangat dingin bahkan jauh lebih dingin dibandingkan kota lainnya di Pulau Timor.


Pulau Timor terkenal dengan iklim yang kering dan alam yang gersang. Saat menyebut Timor, yang terlintas di benak adalah bebatuan karang pantai berpasir putih serta savana gersang. Namun Timor tak sepenuhnya demikian. Pedalaman pulau Timor menjanjikan panorama alam yang berbeda.


Wilayah Mollo di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang rata-rata berada di ketinggian di atas 1750 meter di atas permukaan laut (dp), menyajikan alam khas pegunungan yang jauh berbeda dari wilayah pesisir pulau Timor. Suhu yang senantiasa dingin, kabut yang dapat turun setiap saat, mata air pegunungan yang dingin dan jernih bebatuan cadas tinggi menjulang, flora dan fauna yang khas, serta kehidupan masyarakat


khas pegunungan; itulah ciri khas wilayah Mollo. Wilayah Mollo adalah dimana gunung Mutis terletak, tepatnya di lokasi Cagar Alam Mutis Gunung dengan ketinggian 2.427 meter di atas permukaan laut ini adalah gunung tertinggi di provinsi Nusa Tenggara Timur. Terdapat beberapa desa di kaki Gunung Mutis yang dewasa ini mulai menjadi lokasi tujuan wisata antara lain, Desa Nenas, Bonleu, Tunua dan yang terkenal adalah Fatumnasi. 


Fatumnasi menjadi lebih dikenal karena terletak di ruas jalan menuju Mutis sehingga dari desa ini para pengunjung lebih sering memulai pendakian ke puncak gunung Mutis dibanding titik berangkat yang lain seperti Nenas atau Bonleu. Selain itu di di Fatumnasi juga terdapat sebuah homestay yang memungkinkan pendaki gunung Mutis untuk menginap semalam sebelum melakukan pendakian pada dini hari.


Fatummasi adalah sebuah kecamatan, dan di dalam kecamatan ini terdapat pula sebuah desa dengan nama serupa. Sebagai sebuah desa yang terletak di bagian Selatan kaki gunung Mutis yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan indah dan sejuk pengungan ke arah barat pulau Timor. Di sekitar Fatummasi terdapat sejumlah lokasi tujuan wisata yang dapat diakses sekaligus ketika berkunjung ke sana.


Editor: Nixon Tae

Sumber: Disparekraf NTT

×
Berita Terbaru Update