Notification

×

Iklan

Iklan

Empat RS Data Korban KM Chantika, Meninggal 18 Orang, 299 Orang Dalam Perawatan

Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:43 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-01-12T17:55:51Z

Kupang,Timorexotik.com|| Kronologi kejadian pada hari senin tanggal 24 Oktober 2022 pukul 13.00 WITA di seputaran perairan Laut Naikliu Kabupaten Kupang telah terjadi kecelakaan laut KMP. Chantika Express 77 (Kebakaran Kapal) dengan rute Kupang Kalabahi yang dinahkodai oleh Kapten Edwin Pareda yang membawa 167 orang penumpang dan 10 orang kru ABK berdasarkan data Manifest dari PT. Dharma Indah.

Ambrosius Kodo, S. Sos., MM Kepala Pelaksana BPBD NTT dan juga sebagai Komandan posko tanggap darurat penanganan bencana kecelakaan transportasi laut Kapal Motor Chantika Express 77, dalam jumpa pers bersama para awak media di posko penanganan menyampaikan bahwa, sampai dengan saat ini data korban kecelakaan laut KMP. Chantika Expres 77 yang diterima adalah sebagai berikut: Data sementara korban kecelakaan KMP Cantika Expres 77 Rute Kupang. Kalabahi sampai dengan pukul 17.30 WITA. Dari empat rumah sakit yang ada di Kota Kupang. 

RSUD W. S Yohanes 71 orang perawatan, RS Bhayangkara 50 orang perawatan, 18 orang meninggal dunia, RS Leona 34 orang perawatan, RS S. K. Lerik 144 orang perawatan, total 299 orang perawatan dan 18 orang meninggal dunia. 

Informasi terpisah dari data diatas yakni korban selamat yang telah dijemput oleh keluarga sejauh ini berjumlah 50 orang, sehingga total keseluruhan korban KMP. Chantika Expres 77 berjumlah 349 orang.

Ambrosius Kodo, S. Sos., MM Kepala Pelaksana BPBD NTT pada saat jumpa pers bersama para awak media, Rabu,26/10/22. Di posko tanggap darurat penanganan bencana kecelakaan transportasi laut Kapal Motor Chantika Express 77 menyampaikan bahwa data hari ini akan dilakukan validasi kembali pada tanggal 27 Oktober 2022. 

Terdapat pula upaya yang dilakukan oleh pentahelix dalam penanganan berita duka yang dialami di NTT, atas kejadian kecelakaan KM Chantika 77. 

(a) Sudah ada pernyataan kejadian bencana nomor: BU.360/18/BPBD/2022. (b) . Sudah ada penetapan status tanggap darurat penanganan bencana kecelakaan transportasi laut Kapal Motor Chantika Express 77 di Provinsi NTT. 

(c). Sudah ada Keputusan Gubernur tentang status tanggap darurat penanganan bencana kecelakaan transportasi laut Kapal motor Chantika Express 77 nomor: 324/KEP/HK/2022. (d). Sudah membentuk POSKO (Pos Komando) tanggap darurat penanganan bencana kecelakaan transportasi laut Kapal motor Chantika Express 77 di BPBD NTT. (e) . Sudah ada CALL CENTER (081-1384-4-777) dan telah menerima pengaduan.

(f) . Sudah mulai berkoordinasi untuk melakukan pendataan dan penanganan korban selamat dan meninggal dunia bersama pihak terkait. (g) . Sudah dan sedang melakukan pencarian korban kecelakaan transportasi laut Kapal motor Chantika Express 77. (h) . Sudah dan sedang melakukan koordinasi pemulangan korban selamat atau meninggal dunia kembali ke Alor. (i) MDMC NTT telah menyiapkan makan minum untuk korban dan keluarga yang menjaga korban di Rumah Sakit.

(j). Kontak Kerukunan Sosial (K2S) mendukung dalam bentuk 2 mobil jenazah. (k) . Boby Liyanto mendukung dalam bentuk makanan, peti jenazah dan mobil jenazah. (l) Toko JOE Shop memberikan paket selimut dan sembako.

(m). Ikatan Masyarakat Sulawesi menyiapkan 1 buah Mobil Jenazah. (n). CIS Timor mengirimkan emergency respon team untuk melakukan pendataan dan tabulasi data korban. (o). Baguna memberi bantuan 50 selimut. (p). GMIT memberi bantuan berupa pakaian dan selimut layak pakai sebanyak 6 karung. 

(q). KEMENSOS memberi bantuan berupa sandang dewasa, selimut, makanan anak, family kit, kidsware, air mineral lemasan. 

Laporan situasi ini disiapkan oleh relawan FPRB Provinsi NTT dan BPBD Provinsi NTT dengan cara kombinasi (Desk Assesment), pengumpulan data lapangan dan via telepon terhadap contributor lapangan. Data ini akan diperbaharui berdasarkan perubahan situasi di lapangan.

Untuk kontak dan koordinasi dapat menghubungi call center 081-1384-4777.

×
Berita Terbaru Update