Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Ribu Empat Ratus Mahasiswa Baru, Kampus Politeknik Negeri Kupang Mengikuti PKKMB 2022

Selasa, 13 September 2022 | 9:30 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-01-12T18:14:32Z
Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Kupang 
Kupang, Timorexotik.com|| Kampus Politeknik Negeri Kupang kembali melaksanakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB), Tahun Akademik 2022/2023, bagi dua ribu empat ratus sembilan puluh delapan (2.498) mahasiswa dari enam jurusan yang ada di Politeknik Negeri Kupang. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Kampus Politeknik Negeri Kupang selama tiga hari, Selasa, 13-15 September 2022. 

Peserta yang mengikuti PKKMB ini merupakan seluruh mahasiswa baru dari enam jurusan yang ada di Politeknik Negeri Kupang. 

Teknik Sipil tiga ratus sembilan puluh (390), Teknik Mesin tiga ratus dua (302), Teknik Elektro lima ratus delapan puluh (580), Jurusan Administrasi Bisnis empat ratus sepuluh (410), Jurusan Akuntansi empat ratus lima puluh enam (456), Jurusan Pariwisata tiga ratus enam puluh (360) mahasiswa baru. 

Hadir pada pembukaan PKKMB tersebut, Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi, ST.,M.Eng, Wadir Bidang Akademik, Dr. Melchior Bria, ST., MT, Wadir Umum dan Keuangan, Dr. Donny Teguh Santoso Junias, SE., MM, Wadir Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Jemsrado Sine, ST., M.Eng, para Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.

Dalam sambutan Direktur Politeknik Negeri Kupang, Frans Mangngi, ST., M.Eng menyampaikan bahwa, mahasiswa baru akan mendapatkan pengenalan awal dalam kegiatan ini selama tiga hari, yang merupakan langkah awal dari seribu langkah yang akan ditempuh oleh dua ribu empat ratus sembilan puluh delapan (2.498) mahasiswa baru tersebut. 

"Mulai hari ini tanggal 13 sampai 15 September, adik-adik mendapatkan pengelaman awal, oleh karena itu ini merupakan langkah awal dari seribu langkah yang akan ditempuh nanti dan akan menjadi catatan, cerita, memori sendiri dari hidup adik-adik selama mengikuti materi baik di lapangan maupun di dalam ruangan,"ungkap Frans Mangngi. 

Sebagai Direktur Frans Mangngi mengucapkan selamat datang bagi (2.498) mahasiswa baru yang telah bersedia untuk berkuliah di Kampus Politeknik Negeri Kupang. 

"Selamat datang dan bergabung di Politeknik Negeri Kupang, kami yakin ketika tiga tahun atau empat tahun ke depan adik-adik akan menjadi pemimpin di NTT maupun di Indonesia,"ujar Direktur Politeknik Negeri Kupang. 

Pada kesempatan itu Wadir Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Jemsrado Sine, ST., M.Eng.,dalam laporan kepanitiaan PKKMB tersebut memaparkan bahwa, kegiatan PKKMB dilaksanakan mengikuti panduan dari Kementerian Teknologi dan Riset (KEMENDIKBUDRISTEK). 

Kemendikbudristek melakukan berbagai strategi untuk menerapkan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Sejek awal diluncurkan MBKM di tahun 2020 mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan termasuk dari mahasiswa. 

Tujuan dari melaksanakan kegiatan tersebut untuk menyiapkan mahasiswa baru Politeknik Negeri Kupang, melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa, dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk berhasilnya menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Kupang. 

"Kegiatan ini dan kepedulian terhadap lingkungan dibuat dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotongroyong dan berinteraksi. Melalui PKKMB mahasiswa diberikan bekal agar mampu memproses dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan berdaya saing global,"papar Jemsrado. 

Hasil yang diharapkan dari kegiatan itu yakni, memahami dan mengenali lingkungan barunya terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan, meningkatnya kesadaran berbangsa bernegara dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru, memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuh dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antara mahasiswa, dosen serta tenaga pendidik. (TE) 



×
Berita Terbaru Update