Notification

×

Iklan

Iklan

Dari Hanura untuk NTT: Refafi Gah Calon Gubernur NTT Potensial yang Siap Bertarung di 2024

Sabtu, 17 Juni 2023 | 10:14 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-06-17T02:14:22Z

 

Ketua DPD Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, Calon Gubernur NTT 2024. Foto: Istimewa.

Kupang,Timorexotic.com|| Menjelang pesta demokrasi yang akan datang pada tahun 2024, setiap partai politik di Indonesia tentu telah mengidentifikasi figur-figur potensial yang akan diusung oleh partai tersebut dalam pemilihan legislatif maupun eksekutif. Para politisi berpengalaman dan calon pemimpin yang dianggap memiliki kredibilitas dan kemampuan untuk memajukan negara menjadi fokus utama dalam strategi politik partai-partai tersebut. Dengan harapan untuk mencapai tujuan dan visi partai mereka, pemilihan figur-figur yang tepat menjadi langkah penting dalam meraih dukungan masyarakat dan membangun masa depan yang lebih baik.


Kali ini terdengar kabar gembira dari Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) yang telah berkomitmen mendukung Drs. Refafi Gah,SH.,M.Pd, seorang politisi berpengalaman dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai HANURA Nusa Tenggara Timur (NTT), telah mencatatkan banyak prestasi dalam kariernya. Dengan sejumlah pencapaian yang mengesankan, Refafi Gah telah diberikan kesempatan oleh Ketua Umum DPP Partai HANURA, Dr. Oesman Sapta, untuk menjadi salah satu calon Gubernur NTT dalam pemilihan yang akan datang pada tahun 2024.


Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Dr. Oesman Sapta Odang (OSO) saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh Bakal Calon Legis Latif (Bacaleg) bersama seluruh anggota DPR-RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pada 10 Juni 2023 lalu, membawa kesan yang baik bagi para pendukung dan anggota partai Hanura. 

Ribuan masa sat menjemput kedatangan Ketua Umum Partai Hanura, Dr. Oesman Sapta Odang (OSO).

Pimpinan Umum Partai Hanura yang bernomor urut 10 ini, mendarat pada tanggal 10 Juni, pukul 10 lewat 10 WITA dan didampingi sejumlah pengurus DPP Partai Hanura.


Momentum istimewa itu telah berlangsung dengan baik, mulai dari persiapan penyambutan yang dilakukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Hanura Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Hanura itu hingga berakhir berjalan lancar. Kedatangan OSO  disambut ribuan kader, baik yang duduk di legislatif, eksekutif hingga pengurus Hanura tingkat ranting serta warga masyarakat dengan antusias ramai-ramai menyambut orang nomor satu Partai Hanura itu.


Kesuksesan kegiatan itu dan melihat berbagai prestasi yang dilakukan oleh Ketua DPD Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, menjadi tolak ukur Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Dr. Oesman Sapta Odang, untuk mengakomodir Refafi Gah bakal calon Gubernur NTT 2024. 


Hal tersebut disampaikan Elias Koa, S.I.P Sekretaris DPD Partai HANURA NTT, dan juga sebagai calon anggota DPRD NTT Dapil NTT 7 meliputi: Kabupaten TTU, Belu dan Malaka. Saat dijumpai media ini Jumat,(16 /06/23) menjelaskan bahwa kedatangan Ketua Umum  Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Dr. Oesman Sapta Odang, saat itu untuk Pembukaan RAKERDA, Meresmikan Gedung Sekolah Pendidikan Politik Partai HANURA, Pemakaian Jaket Hanura kepada beberapa tokoh pemuda, tokoh politik dan tokoh masyarakat yang akan bergabung ke Partai HANURA serta Pelepasan seluruh Bacaleg ke tengah-tengah masyarakat untuk berjuang bersama rakyat dalam memenangkan partai HANURA.


"Dari dasar-dasar pertimbangan tersebut, Ketua Umum menilai keberhasilan Ketua DPD Partai HANURA NTT Drs. Refafi Gah, SH.,M.Pd, maka Ketum Partai Hanura hari ini (16/06/23) saat rapat bersama pengurus DPP menyatakan mendorong Refafi Gah untuk maju calon Gubernur NTT 2024," jelas Elias Koa, S.I.P Sekretaris DPD Partai HANURA NTT.


Lanjutnya, Refafi Gah telah mendapat persetujuan dari Ketua Umum, seluruh pengurus DPP Partai Hanura serta semua Ketua DPD Partai Hanura se-Indonesia yang hadir. 


Di luar dari itu semua, Refafi Gah sendiri telah bekerjasama dengan Ketua Umum Oso dalam berbagai perusahaan nasional maupun internasional. Hal tersebut di buktikan dengan kepemilikan saham di beberapa perusahaan milik Oso yang sudah go nasional maupun internasional. 


"Kerjasama Refafi dan Oso sudah sejak tahun 1995 hingga saat ini. Dimana saat Oso mengambil alih kepemimpinan Hanura, langsung menghubungi Refafi untuk membantunya menjadi Ketua DPD HANURA NTT," ucap Elias Koa.


Juru bicara DPD Partai HANURA NTT itu, menjelaskan bahwa kunci utama harus memenangkan pemilu 2024, sehingga Refafi Gah saat calon gubernur telah memilki dukungan dasar dari kekuatan internal Hanura yang telah solit. 


Kehidupan Awal dan Pendidikan Drs. Refafi Gah lahir pada tanggal 14 Januari 1961, di Sumba Timur. Dia menghabiskan masa kecilnya di daerah tersebut sebelum memulai pendidikan formalnya. Refafi Gah menempuh pendidikan dasar di SD INPRES Kandangu Boku Sumba Timur dari tahun 1968 hingga 1974. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan menengahnya di SMP Kristen Melolo Sumba Timur dari tahun 1974 hingga 1977.


Pada tahun 1977, Refafi Gah melanjutkan pendidikan ke jenjang menengah atas di SPG Negeri Argopuro Surabaya dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 1981. Ia kemudian melanjutkan studi sarjana di Universitas Nusa Cendana dan lulus pada tahun 1986. Tidak berhenti di situ, Refafi Gah melanjutkan pendidikan pascasarjana di IKIP Malang dari tahun 1996 hingga 1998.


Riwayat Pekerjaan Setelah menyelesaikan pendidikannya, Refafi Gah memulai karier sebagai seorang dosen di UNKRIS Kupang pada tahun 1988. Ia mengajar di universitas tersebut hingga tahun 2002. Selama periode tersebut, ia juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Bahasa UNKRIS Kupang dari tahun 1989 hingga 1993. Pada tahun 1999, Refafi Gah dipercaya menjadi Pembantu Dekan III UNKRIS Kupang hingga tahun 2004.


Selain sebagai dosen, Refafi Gah juga terlibat dalam dunia politik. Ia menjadi Anggota DPRD Provinsi NTT dari tahun 1999 hingga 2005 dan memegang jabatan sebagai Ketua Fraksi Gabungan DPRD Provinsi NTT dalam periode yang sama. Refafi Gah juga aktif sebagai dosen di FISIP UNDANA dan UNSTAR dari tahun 2000 hingga 2005. Kemudian, pada tahun 2019, ia kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi NTT dan saat ini masih menjabat dalam posisi tersebut. Selain itu, ia juga menjadi Ketua Fraksi Partai HANURA DPRD Provinsi NTT sejak tahun 2019.


Riwayat Organisasi Selain karier politiknya, Refafi Gah juga terlibat dalam berbagai organisasi di tingkat provinsi dan nasional. Ia pernah menjadi anggota DPRD Provinsi NTT.


Selain itu, Refafi Gah juga aktif dalam kegiatan organisasi. Antara lain, ia pernah menjabat sebagai Ketua DPD Partai IPKI Provinsi NTT dari tahun 1999 hingga 2003. Ia juga menjadi Ketua DPD Partai PPD Provinsi NTT dari tahun 2000 hingga 2009. Pada periode 2010 hingga 2015, Refafi Gah menjabat sebagai Ketua DPD PPN Provinsi NTT.


Selama tahun 2013 hingga 2016, Refafi Gah menduduki posisi Sekretaris HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Provinsi NTT. Pada tahun 2016, ia ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Ketua HKTI Provinsi NTT. Kemudian, pada tahun 2017 hingga 2020, ia menjabat sebagai Koordinator Daerah (KORDA) DPD Partai HANURA Provinsi NTT. Pada tahun 2018, Refafi Gah resmi menjabat sebagai Ketua DPD Partai HANURA Provinsi NTT.


Selain itu, Refafi Gah juga aktif dalam organisasi profesi. Ia menjabat sebagai Ketua DPD Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) sejak tahun 2019. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Ketua Umum PERTONSI Provinsi NTT sejak tahun 2021.


Dengan pengalaman yang luas dalam politik dan kegiatan organisasi, Refafi Gah telah membuktikan dirinya sebagai sosok yang berdedikasi dan mampu memimpin. Pencapaian dan pengalaman yang dimilikinya menjadikan dirinya sebagai salah satu kandidat yang kuat dalam pemilihan Gubernur NTT tahun 2024.


Sebagai Ketua DPD Partai HANURA NTT, Refafi Gah telah memperoleh dukungan dari Ketua Umum DPP Partai HANURA, Dr. Oesman Sapta. Dukungan tersebut menunjukkan bahwa partai melihat potensi dan kecakapan Refafi Gah dalam memimpin NTT ke arah yang lebih baik.


Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang kuat, serta dedikasi dalam dunia politik dan organisasi, Drs. Refafi Gah, SH, M.Pd memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi Nusa Tenggara Timur. Pemilihan Gubernur NTT di tahun 2024 akan menjadi ajang untuk melihat bagaimana Refafi Gah mewujudkan visi dan misinya dalam mensejahterakan masyarakat dan memajukan NTT ke arah yang lebih baik.

Penulis: Nixon Tae 

×
Berita Terbaru Update