Notification

×

Iklan

Iklan

SMKN 1 Soe Tampilkan Mesin Pertanian Karya Siswa pada Gebyar Hardiknas 2023

Rabu, 03 Mei 2023 | 1:37 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-05-03T05:40:32Z
Kepala Sekolah SMKN 1 Soe Eduard E. Alle, S.Pd saat dijumpai media di stand. (02/05/23).

Kupang,Timorexotic.com|| SMKN 1 Soe menampilkan mesin pertanian hasil karya siswa-siswi pada Gebyar SMA/SMK di momentum hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2 Mei 2023.


Mesin pertanian buatan siswa-siswi itu, ditampilkan selama dua hari, (2-3 Mei) di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT.


Teknisi Alat Mesin Pertanian, SMKN 1 Soe. H.E. Herewila saat dihampiri media ini mengatakan, mesin pencacah rumput untuk pakan ternak. Alat ini dibuat oleh anak-anak dengan bantuan guru membuat skema dan siswa mengaplikasikan dalam praktek.


Mesin tersebut dikerjakan oleh siswa kelas XII pada saat Ujian Kompetensi. Selain mesin cacah ada juga mesin cacah batang pisang yang dimodifikasi dari mesin potong rumput dan modifikasi dari gurinda untuk mol jagung.


"Batang pisang kita buat sampai jadi tepung untuk pakan ternak, kita tidak bisa membawa semua karena kendala tempat, tetapi waktu kunjungan gubernur ke Kolbano kita bawa dan tunjukkan," jelasnya.


Kepala Sekolah SMKN 1 Soe Eduard E. Alle, S.Pd kepada media ini menjelaskan, SMKN 1 Soe Menawarkan 7 Program Keahlian dan 11 Kompetensi Keahlian, Otomotif menjadi pilihan utama siswa.


SMKN 1 Soe menawarkan 11 kompetensi keahlian yang terdiri dari berbagai bidang seperti agribisnis, teknik dan bisnis sepeda motor, dan multimedia. Salah satu kompetensi keahlian yang paling diminati oleh siswa adalah teknik dan bisnis sepeda motor serta teknik kendaraan ringan otomotif.


Meskipun demikian, SMKN 1 Soe juga menawarkan program keahlian lainnya seperti desain perumahan, alat mesin pertanian, dan agribisnis hasil pengolahan pertanian. Selain itu, siswa juga memiliki kesempatan untuk belajar tentang peternakan dengan uji coba ayam organik yang sedang berlangsung di laboratorium.


"Dalam produksi untuk bangunan, siswa telah berhasil membuat berbagai macam perabot seperti meja, lemari, dan alat tenun tradisional," jelasnya.


SMKN1 Soe memilki jumlah siswa sebanyak 751 orang dari 11 kompetensi keahlian yang berbeda, SMKN 1 Soe terus berupaya memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

*(Nixon Tae)

×
Berita Terbaru Update