Notification

×

Iklan

Iklan

Perdana di NTT, Ayo Seluruh Masyarakat NTT Sambut Tamu KTT ASEAN Summit Dengan Antusias

Selasa, 02 Mei 2023 | 5:23 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-05-02T13:50:47Z

 

Kupang,Timorexotic.com|| Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nai Soi, baru-baru ini bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit yang akan diadakan di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas berbagai persiapan yang harus dilakukan untuk menjaga agar event tersebut berjalan lancar dan sukses.


Salah satu topik utama dalam pertemuan ini adalah infrastruktur dan transportasi. Oleh karena itu Wagub NTT menghimbau kepada seluruh masyarakat NTT agar dengan antusias menerima tamu ASEAN Summit 2023.


Demikian disampaikan Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soi saat memberikan keterangan pers di gedung kantor Gubernur NTT. Selasa,02 Mei 2023.


Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soi, berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo, karena telah menetapkan Labuan Bajo sebagai tempat pelaksanaan KTT ASEAN Summit. 


"Saya 2 hari yang lalu diundang ke Jakarta mengikuti Rapat Terbatas Kabinet (RATAS), dalam pertemuan itu Presiden menyampaikan NTT sebagai tuan rumah KTT ASEAN, oleh karena tuan rumah sebagai pendukung utama agar KTT bisa berjalan lancar. Dihimbau agar seluruh masyarakat NTT dengan antusias menerima tamu kita dari seluruh ASEAN karena ini pertama di NTT," ucap Wagub Nai Soi.


Pemerintah NTT telah mempersiapkan infrastruktur jalan, pelabuhan, bandara, jaringan listrik dan penginapan (hotel) yang diperlukan untuk mendukung acara tersebut. Selain itu, sebagai tuan rumah yang baik di Labuan Bajo, terdapat beberapa daerah yang akan dibagi seperti area sangat terbatas, area terbatas dan are bebas.


Penjemputan para tamu istimewa dari 11 negara itu dengan tiga tarian tradisional asal NTT; Tiba Meka, Rangkuk Alu dan Caci. "Semua (11) kepala negara akan menerima kostum tradisional dari NTT yang telah disiapkan oleh Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat," jelas Wagub.


Sebagai kenangan kepada para tamu ASEAN Summit, NT T sebagai tuan rumah telah menyiapkan souvenir/ cenderamata berupa sepeda bambu made in NTT serta souvenir lainnya.


Wagub NTT menerangkan, melalui tema kekuatan ASEAN yaitu: “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth", Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran.


"Sebagai satu negara resiliensi untuk menerima tantangan yang akan datang, seperti tantangan kita sebelumnya covid. Jadi bagaimana kita memperkuat ekonomi di Indonesia dan ASEAN, untuk diperkenalkan kepada dunia bahwa ASEAN menjadi satu pusat ekonomi luar biasa," terangnya.


Selain 11 Kepala Negara ASEAN terdapat juga delegasinya berkisar 550 orang yang ikut, dengan fungsi dan tugas mereka masing-masing. 


Persiapan akomodasi perhotelan di Labuan Bajo telah dipersiapkan dengan baik untuk menyambut temu istimewa ASEAN Summit 2023.


Wagub NTT, menghimbau masyarakat di Labuan Bajo untuk menjaga kebersihan selama kegiatan berlangsung. *(Nixon Tae)


×
Berita Terbaru Update