Notification

×

Iklan

Iklan

Koepan Festival 2023: Meriahkan HUT Kota Kupang ke-137 dengan Budaya Lokal dan Dukung Perekonomian UMKM

Senin, 01 Mei 2023 | 10:51 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-05-01T14:51:10Z

 

Kupang,Timorexotic.com|| Kota Kupang, yang sudah berusia 137 tahun dan 27 tahun sebagai daerah otonom, perlu menjadi kota yang bergerak selama 24 jam untuk menghidupkan roda perekonomian warga. Hal itu disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, pada pembukaan Koepan Festival 2023 yang digelar di Pantai Wisata Lasiana, Jumat (28/4).

Koepan Festival 2023 diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Kupang dalam rangka merayakan HUT Kota Kupang ke-137 dan hari jadi sebagai Daerah Otonom ke-27. Tema yang diangkat adalah “CINTAI BUDAYA LOKAL” dengan tujuan melestarikan dan mempromosikan adat serta budaya daerah yang ada di Kota Kupang serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, anggota DPRD Kota Kupang, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Ketua TP PKK Kota Kupang, Kepala Basarnas Kota Kupang, perwakilan dari Kepala BKSDA Kupang, pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang, para camat dan lurah serta para pelaku UMKM dan sejumlah besar warga Kota Kupang itu berlangsung selama dua hari, 28-29 April 2023.

Beragam kegiatan diselenggarakan dalam Koepan Festival 2023, antara lain atraksi Iris Tuak, lomba tari kreasi daerah NTT, lokal expo, Koepan Fashion week, live music dan tari masal. Pembukaan festival ditandai dengan pemukulan gong secara kolaborasi oleh Penjabat Wali Kota dan tamu undangan yang hadir, serta perwakilan camat dan lurah.

Selain menampilkan kebudayaan lokal, Koepan Festival juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan adat serta budaya daerah yang ada di Kota Kupang serta mengenal manfaat pohon lontar yang dapat menjadi sumber mata pencaharian penduduk di Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota Kupang menyatakan harapannya agar even-even seperti Koepan Festival bisa diselenggarakan secara rutin, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT dan masyarakat setempat, dengan melibatkan UMKM setempat. Menurutnya, sektor pariwisata akan menjadi prime mover yang menarik dan mendorong semua sektor, termasuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

Dalam acara pembukaan Koepan Festival 2023, Penjabat Wali Kota Kupang juga berterima kasih kepada Bank Indonesia dan perbankan yang ada di Kota Kupang yang selama ini sudah ikut membantu Pemerintah Kota Kupang menggerakkan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. (PKP/TE) 

×
Berita Terbaru Update