Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Minggu Pelatihan Matematika Gasing, Guru Langsung Lakukan Pengimbasan di 3 Sekolah, Kepsek Minta Lanjutkan

Sabtu, 01 April 2023 | 9:32 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-04-01T13:33:55Z

 

Guru yang mengikuti pelatihan Matematika Gasing sedang memberi materi Metode Gasing kepada siswa-siswi SDI Bertingkat Kelapa Lima 1. (Dok: Nixon Tae 

Kupang,Timorexotic.com|| Pemerintah Kota Kupang selenggarakan pelatihan Matematika  dengan metode gampang, asik dan menyenangkan (Gasing) oleh Profesor Yohanes Surya bersama tim dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, kepada 32 guru dengan rincian guru SD (16 orang) guru SMP (16 orang) dan 90 siswa-siswi SD/SMP dari perwakilan sekolah-sekolah di Kota Kupang. Pelatihan ini dimulai pada 16 Maret hingga 01 April di Hotel Pelangi Kota Kupang.


Setelah 2 Minggu Pelatihan Matematika Gasing tersebut , 32 guru yang mengikuti pelatihan Matematika Gasing, langsung lakukan pengimbasan di tiga (3) sekolah yakni; SDN Bertingkat Naikoten, SMP 8 Kota Kupang dan SDI Bertingkat Kelapa Lima 1.


Kepala Sekolah SDI Bertingkat Kelapa Lima 1, Suryani,S.Pd kepada media ini menyampaikan bahwa, sangat bersyukur karena walaupun tidak mendapat kesempatan sekolah mengutus siswa dan guru untuk ikut serta dalam pelatihan Matematika Gasing selama 2 minggu, namun pihaknya berterima kasih karena bisa diberikan kesempatan untuk mendapat imbasnya dari pelatihan tersebut. 

"Kami sangat berterima kasih, ini satu penghargaan bagi sekolah kami, karena sekolah kami bisa menjadi tempat pengimbasan pelatihan Matematika Gasing, kami senang bisa mendapatkan ilmu baru terkait metode belajar matematika. Sebelumnya memang kami telah menggunakan alat peraga, tetapi dengan metode gasing ini kami lebih semangat, guru-guru kami lebih antusias menyampaikan materi dengan gampang, asik dan menyenangkan kepada siswa di kelas, walaupun hanya satu hari saja," ungkap Suryani. 


Ia menerangkan, dari pihak sekolah sangat menyambut baik pembelajaran matematika metode gasing ini, dengan harapan agar pelatihan tersebut bisa dilanjutkan. "Dari keinginan kami, karena metode ini baik kami lanjutkan, lebih bagus lagi kami mengimbaskan dengan mengundang sekolah lain agar bisa serentak menerapkan berhitung matematika dengan metode gasing, tidak hanya di sekolah kami tetapi juga di sekolah lain," ucapnya. 


Sambungnya, siswa-siswi yang mengikuti pelatihan Matematika Gasing ini kelas IV,V dan VI bersama guru-guru.  


Pelatihan ini diterjunkan 8 orang guru training di SDI Impres Bertingkat Kelapa Lima 1, sedangkan guru lainnya terbagi di SDN Naikoten dan SMPN 8 Kota Kupang.


Pada kesempatan itu Profesor Yohanes Surya bersama tim dari Bank Dunia, memantau secara langsung di kelas dan memberikan masukan serta motivasi bagi siswa dan guru di tiga sekolah tersebut. 

Penulis: Nixon Tae 

×
Berita Terbaru Update