Notification

×

Iklan

Iklan

Belanja Buah-buahan Sepanjang Jalan Timor Raya dan Nikmati Pemandangannya

Rabu, 26 April 2023 | 9:33 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-04-26T01:53:35Z
Pedang kaki lima di area jalur Kefa.

Timorexotic.com|| Pasar tradisional masih menjadi salah satu tempat yang populer untuk membeli buah-buahan di Indonesia. Namun, jika Anda ingin mencoba pengalaman membeli buah-buahan yang berbeda, maka jalan Timor Raya jalur Kupang menuju Atambua bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dilalui.


Jalan Timor Raya jalur Kupang menuju Atambua terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jalan ini merupakan jalur yang strategis karena menghubungkan 6 (enam) Kabupaten yakni: Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), Malaka dan Kabupaten Belu. Bahkan menjadi jalur darat  antar negara Indonesia dan Timor Leste.


Nah, di sepanjang jalan ini akan menjumpai banyak pedagang kaki lima yang menjual buah-buahan berupa jambu, sirsak, pisang, alpukat, jeruk, lemon, sayur, madu asli, sirih dan pinang yang menawarkan dengan harga yang terjangkau.

Jambu (dok: Nixon Tae)
Sepanjang perjalanan akan menjumpai beberapa pasar tradisional, bila perjalanan anda bertepatan dengan hari pasar sebagai berikut; Pasar Oesao, Pasar Lili/Camplong (Kabupaten Kupang), Pasar Impres Soe (TTS), Pasar Maubesi, Pasar Oelolok, Pasar Oenopu (TTU), Pasar Halilulik, Pasar Baru Atambua (Kabupaten Belu). Waktu tempuh 5 hingga 7 jam perjalanan.


Jangan ragu untuk melakukan perjalanan darat anda, dari Kupang ke Atambua atau sebaliknya, karena jalan Timor Raya cukup terbilang bagus. Sedangkan untuk sementara jalan longsor yang berada di Takari, Kabupaten Kupang sementara di perbaiki namun bisa melewati jalur alternatif.

Jembatan Batu Putih (dok: Nixon Tae)

Sepanjang perjalanan mata anda akan dimanja dengan pemandangan indah, hamparan persawahan dan pemandangan bukit dan gunung yang dibaluti awan/kabut.


Kota Kupang dikenal dengan Kota Kasih, TTS dikenal dengan Kota Dingin, TTU dengan Kota Sari, Malaka dikenal dengan Kota Adat, Belu dikenal dengan Kota Beriman.

Untuk transportasi darat bisa menggunakan bus umum, motor, dan saat ini telah ada bus antar negara Indonesia dan Timor Leste (Kupang-Dili).

(Nixon Tae)

×
Berita Terbaru Update