Notification

×

Iklan

Iklan

SDN 3 Oeba Raih Juara 1 SD Terbersih dan Juara 3 Pengelola Dana BOS Terbaik

Jumat, 13 Januari 2023 | 9:00 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-01-13T13:30:40Z
Lingkungan SDN 3 Oeba, Kota Kupang // Dok: Nixon Tae 

Kupang,Timorexotic.com|| Sekolah Dasar Negeri Oeba 3 Kota Kupang raih juara 1 SD terbersih dan juara 3 pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) terbaik. Lomba yang diadakan pada tahun 2022 lalu itu diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kupang sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan membiasakan masyarakat dengan kebersihan.


Hasil lomba tersebut telah diumumkan pada Senin 9 Januari 2023 sore bertempat di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang.


Penilaian kebersihan dilakukan oleh tim juri independen yang terdiri dari TNI/POLRI, Perguruan Tinggi, jurnalis media cetak, eletronik dan online.


Yohana Nepa Bureni, S.Th, Kepala Sekolah SDN 3 Oeba ketika dijumpai media ini, Jumat (13/01/23) di ruang kerjanya menyampaikan bahwa, sekolah yang ia pimpin lokasinya berada di tepi pantai, tetapi kesejukan lingkungan sekolahnya sangat begitu nyaman. Hal tersebut dikarenakan semua masyarakat sekolah digerakkan untuk menanam bunga, pohon dan selalu membersihkan lingkungan sekolah dan kebiasaan positif ini telah dilakukan sejak tahun 2013 ketika dirinya (Yohana Nepa Bureni) menjadi kepala sekolah. 

Halaman depan sekolah yang ditanami banyak bunga 

"Kondisi sekolah kami seperti ini dan kami juga sekolah aman bencana, sekolah kami juga bekerjasama dengan Pemerintahan Jepang untuk sekolah wawasan lingkungan," jelas Yohana. 


Lanjutnya, kebiasaan setiap hari seluruh masyarakat SDN 3 Oeba memisahkan sampah organik dan anorganik, kebiasaan positif inilah yang membuat seluruh siswa-siswi dan para guru merasa nyaman dalam proses belajar mengajar di sekolah. 


"Kebiasaan siswa-siswi selalu membuang sampah pada tempatnya, bahkan siswa-siswi ketika melihat sampah plastik di lingkungan sekolah, siswa langsung dengan sendirinya mengambil dan membuang pada tempatnya, sedangkan daun-daun tidak dibuang tetapi dikumpulkan kembali di taman untuk menjadi humus agar tanaman tetap subur," ucap Yohana. 


Selain meraih prestasi kebersihan lingkungan, sekolah inipun mendapatkan juara 3 pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) terbaik, untuk sampai pada prestasi yang berharga ini Kepsek Yohana Nepa Bureni menjelaskan bahwa, pihaknya selalu bekerja sistem cicil laporan sehingga pekerjaan tidak menumpuk, terlebih mengenai pembukuan soal dana BOS yang diterima sekolah. 


"Bekerja cicil ini seperti, setiap kwitansi pembelanjaan selalu dilaporkan ke pusat, agar tidak menumpuk karena seandainya semua sekolah di Indonesia ketika pada saat membuat laporan di akhir tahun atau waktu yang ditentukan, maka kemungkinan besar terhambat dengan jaringan internet oleh sebab itu kami lakukan seperti ini agar tidak terjadi hal demikian," tutup Yohana Nepa Bureni Kepala Sekolah ke tujuh di SDN Oeba 3 tersebut. 

Penulis: Nixon Tae 



×
Berita Terbaru Update