Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Peneliti Politeknik Negeri Kupang Kembali Mengadakan Workshop dan Asistensi Pemodelan Kerusakan Rumah Regel

Sabtu, 24 Desember 2022 | 7:20 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-01-12T18:14:01Z
Tim Peneliti dari Politeknik Negeri Kupang 

Kupang, Timorexotic.com|| Selama 2 hari berturut-turut, mulai dari Senin 5 Desember hingga Selasa 6 Desember 2022 bertempat di Swiss Belcourt Hotel, Tim Peneliti dari Politeknik Negeri Kupang kembali menggelar workshop dan sekaligus asisten pemodelan terhadap kerusakan rumah regel dengan menghadirkan pakar dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS Surabaya). Kegiatan ini merupakan bagian dari skema penelitian riset keilmuan terapan tahun 2021 yang didanai oleh LPDP. 

Pada kesempatan tersebut, Budi Suswanto, ST., MT., Ph.D selaku narasumber, menyampaikan materi bagaimana rumah regel yang rusak dimodelkan dengan menggunakan software dan sekaligus melakukan review terhadap pemodelan yang telah dibuat sebelumnya oleh Tim Periset Hura-Vokasi. Selain itu, Budi juga memberikan beberapa masukan penting bagi Tim Peneliti sehingga hasil pemodelan yang dilakukan dapat merepresentasi kerusakan yang terjadi pada rumah regel. 

Diakhir dari kegiatan tersebut, Butje A. Louk Fanggi, ST., M.Eng., Ph.D selaku ketua Tim Peneliti Hura-Vokasi menyampaikan penelitian ini telah dilakukan dalam beberapa tahap sejak akhir tahun 2021 dimulai dari survey kerusakan yang tejadi pada rumah regel paskah Badai Seroja, Pemodelan kerusakan yang terjadi pada rumah regel, merancang perkuatan serta memodelkannya dan sekaligus melakukan pengujian terhadap model yang telah diperkuat di Terowongan Angin di Politeknik Negeri Bandung. Luaran akhir dari riset ini adalah sebuah panduan teknis yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Nusa Tenggara Timur agar dapat membuat/ membangun rumah tinggal regel yang tahan angin.

Kegiatan ini diikuti oleh Tim Peneliti Hura-Vokasi, Dosen Teknik Sipil Politeknik Negeri Kupang, serta mahasiswa yang mengambil tugas akhir yang berkaitan dengan rumah regel serta beberapa mahasiswa tingkat atas dari prodi Teknik sipil Politeknik Negeri Kupang. (Humas PNK) 


×
Berita Terbaru Update