Notification

×

Iklan

Iklan

Jurusan Pariwisata PNK Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Ekowisata Mangrove, Kelurahan Oesapa Barat

Jumat, 25 November 2022 | 8:17 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-01-12T18:03:07Z

Kupang, Timorexotik.com||Politeknik Negeri Kupang, Jurusan Pariwisata Lakukan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Penguatan Keterampilan Hospitality Oriented Service Bagi Masyarakat Ekowisata Mangrove, Pelatihan Kepemanduan Wisata (Tour Guide) di Kawasan Ekowisata Mangrove, Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona Dalam Mendukung Pengembangan Ekowisata Mangrove Pantai Oesapa Barat, Kota Kupang. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Lurah Oesapa Barat dan dilakukan praktek tour guide di Kawasan Ekowisata Mangrove. Jumat, 25 November 2022. 

Ketua Jurusan Pariwisata Feny Susana Eky, S.S., M.A pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, dengan kehadiran Politeknik Negeri Kupang di Kelurahan Oesapa Barat dapat membawa dampak positif bagi masyarakat yang ada di lokasi Ekowisata Mangrove. 

"Sasaran kita bagi masyarakat yang dekat dengan Ekowisata Mangrove, para pelaku usaha, kaum muda dan kelompok sadar wisata. Berharap dari kegiatan ini betul-betul berdampak bagi mereka, minimal membangun mindset (pola pikir) untuk terlibat aktif  memelihara dan mengembangkan Ekowisata Mangrove pantai Oesapa Barat. Ke depan Ekowisata Mangrove akan menjadi ikon wisata di Kota Kupang, dan tentunya akan tercipta lapangan kerja bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.” pungkas Feny. 

Disampaikannya, untuk pengembangan suatu lokasi wisata perlu adanya kerjasama mulai dari masyarakat, akademisi, pengusaha, dan pemerintah.

Lebih lanjut disampaikan Ketua Prodi Perhotelan, Martarida Bagaihing, S. Pd., M.Par menjelaskan bahwa, dari Jurusan Pariwisata terdapat tiga tim, memberikan bantuan bagi masyarakat di Ekowisata Mangrove berupa, etalase untuk pelaku usaha, fiber, pot bunga, tempat sampah, papan sapta pesona, pelatihan guiding serta pemberian alat-alat guide (pemandu wisata). 

Materi yang dibawakan berupa tour guiding, sapta pesona dan hospitality. Sebelum melakukan praktek guiding dilakukan pelatihan Bahasa Inggris bagi tour guide (Basic English For Tour Guides). Dibawakan oleh Ketua Jurusan Pariwisata, Feny Susana Eky, S.S., M.A. 

Untuk praktek guiding di lokasi Ekowisata Mangrove, dibawakan oleh Dosen Pariwisata Elim R. A. Lau, SE., M.Par.

Terpisah disampaikan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Kupang, Petrisia W. Sudarmadji, S.Kom.,M. Si kepada media ini menyampaikan bahwa, kegiatan pengabdian ini sebelumnya telah dilakukan survei dilokasi untuk melihat persoalan-persoalan yang ada di tengah masyarakat, sehingga pada pelaksanaannya bisa tepat sasaran. 

"Pengabdian ini ada dua, bersifat jasa seperti sekarang pelatihan dan bersifat pengadaan fisik, kegiatan ini akan terus berlanjut sebab setelah ini akan selalu ada pendampingan bagi masyarakat untuk melihat apabila ada keluhan-keluhan masyarakat, hingga masyarakat benar-benar sudah bisa mandiri baru bisa dilepas," jelas Petrisia. 

Ia melanjutkan bahwa dari Politeknik Negeri Kupang mengharapkan agar masyarakat setempat dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap Ekowisata Mangrove, dengan cara merubah, menjaga dan mempromosikan. 

"Kita harapkan soft skill dari masyarakat meningkat, ekonomi masyarakat meningkat melalui pelatihan-pelatihan kuliner dan pemberdayan masyarakat, serta yang paling penting masyarakat menjaga dan memelihara kawasan wisata dan sadar sebagai masyarakat sadar wisata," harap Petrisia. 

Sasaran dari kegiatan ini bagi kaum muda untuk bisa menciptakan lapangan kerja, bisa berwirausaha, dengan bantuan yang telah diberikan, baik itu bantuan melalui soft skill berupa pelatihan pengabdian masyarakat dan bantuan fisik berupa peralatan di kawasan wisata. 

Hadir pada kesempatan tersebut Lurah Oesapa Barat yang diwakili Bapak Kasie PMK Yohanes Fry Loli Keleluli, S.Sos; Ketua Jurusan Pariwisata Feny Susana Eky, S.S.,M. A; Sekretaris Jurusan, Christina M. Mantolas,S.Pd., M.Par; Ketua Prodi Usaha Perjalanan Wisata, Syul Rosli Sanam, S.Par,. M.Par; Ketua Prodi Perhotelan, Martarida Bagaihing,S.Pd.,M.Par; Para Dosen Jurusan UPW dan Perhotelan, masyarakat sebagai peserta pendampingan dan Mahasiswa.

Penulis : Febro Kapitan // Editor  : Nixon Tae 

×
Berita Terbaru Update