Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Cyber Security di Era digital

Rabu, 20 Desember 2023 | 7:09 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-12-20T11:09:07Z

 

Gambar Ilustrasi.
Maria Bonafasia Salut
Mahsiswa Unika St. Paulus Ruteng
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Menurut saya, kesadaran akan keamanan cyber sangat penting, terutama dengan meningkatnya serangan cyber di era digital ini. Perusahaan dan individu perlu aktif dalam melindungi data pribadi dan informasi pribadi perusahaan. 


Oleh karena itu cyber security sangat penting bagi sebuah perusahan itu sendiri. Cyber security berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yakni cyber yang artinya dunia maya (internet) dan security yang artinya keamanan. Secara istilah, cyber security merupakan bentuk perlindungan terhadap sistem yang terhubung ke internet. 


Ini termasuk perangkat keras, perangkat lunak hingga data yang kamu miliki. Praktik cyber security dilakukan tidak hanya oleh individu, tapi juga oleh perusahaan dan instansi. Langkah ini akan membantu melindungi pusat data dan sistem komputerisasi lainnya dari akses yang tidak sah.


Strategi keamanan siber yang mumpuni bisa memberikan perlindungan keamanan yang baik terhadap serangan yang dirancang untuk mengakses, mengubah, menghapus atau memeras sistem dan data sensitif dari pengguna.


Keamanan cyber juga berperan dalam mencegah serangan yang bertujuan untuk mengganggu atau bahkan menghentikan operasi sistem maupun perangkat. 


Cyber security dapat memberikan perlindungan terhadap informasi personal bagi siapapun yang terlibat dalam perusahaan,baik informasi seputar karyawan maupun informasi pelanggan, sehingga data personal tersebut akan aman dari penyalahgunaan data, seperti jual beli data personal. 


Cara kerja cyber security paling umum adalah dengan cara meningkatkan keamanan jaringan.Network security akan mengoptimalkan secara ketat, tingkat resiko kebocoran informasi dengan perlindungan jaringan internal suatu perusahaan. Cyber security bertugas untuk mengawasi, menganalisis dan mengecek segala hal mulai dari komputer, perangkat penyimpanan data jaringan sampai database.**

×
Berita Terbaru Update