Notification

×

Iklan

Iklan

Persiapan Festival Budaya dan Perlombaan Menyongsong HUT RI Ke-78 Kelurahan Oesapa Barat

Rabu, 09 Agustus 2023 | 7:12 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-08-08T23:12:00Z

 

Persiapan semarak Kemerdekaan Indonesia yang ke-78.
Kupang,Timorexotic.com|| Dalam rangka mengenang dan merayakan tonggak sejarah berharga, Kelurahan Oesapa Barat bersiap-siap untuk menggelar perayaan yang spektakuler pada tanggal 12 Agustus 2023 mendatang. 

Acara istimewa ini bertujuan untuk merayakan dengan semarak Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, sambil memupuk rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat setempat. Berbagai persiapan telah digelar dengan penuh antusiasme, menjanjikan perayaan yang tak hanya memukau mata, tetapi juga menyentuh hati dalam harmoni budaya dan patriotisme yang tak terlupakan.


Awalnya, acara ini mengusung tema pelestarian tarian Foti di Kelurahan Oesapa Barat yang hampir hilang dengan bentuk lomba tari Foti tingkat kelurahan. Namun seiring berjalannya koordinasi dan terdapatnya beberapa perubahan dan penyesuaian, acara ini berubah bentuk dan mengangkat judul “Festival Budaya dan Perlombaan Menyongsong HUT RI Ke-78 Kelurahan Oesapa Barat.” Acara ini tentu saja digelar oleh Kelurahan Oesapa Barat, namun dalam persiapannya dibantu oleh tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM), tim KKN Universitas Kristen Artha Wacana, Mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) dan masyarakat setempat.


Christian E. Chamdra, Lurah Oesapa Barat menuturkan bahwa acara tahun ini kembali diselenggarakan setelah berhenti selama 3 tahun karena COVID-19 dan badai Seroja.


“Oleh karena acara ini sempat terhenti, kami (Kelurahan) ingin membuat acara tahun ini lebih meriah. Oleh karena itu, kami (Kelurahan) bersepakat dengan para ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat untuk membuat acara festival budaya pada tahun 2023 ini. Seluruh pesertanya

adalah masyarakat Kelurahan Oesapa Barat yang mana kita ingin melestarikan budaya lokal Nusa Tenggara Timur yang ada di Kota Kupang untuk dilestarikan kepada kaum milenial di Oesapa Barat ini,” ungkapnya.


Acara ini akan digelar di RW 7 sebagai tuan rumah tepatnya di lapangan voli RW 7 RT 19. Di acara ini, juga akan ada stand UMKM lokal dan stand Mahasiswa KKN-PPM UGM yang akan menjual dan memamerkan hasil karya mereka selama di Kupang mulai dari barang bekas, makanan, dan masih banyak lainnya. 


Acara ini juga akan dimeriahkan oleh parade budaya dan tarian daerah dari 7 RW di kelurahan Oesapa Barat, mahasiswa KKN-PPM UGM, dan mahasiswa KKN Universitas Kristen Artha Wacana, ada juga penampilan paduan suara dan menyanyi yang akan semakin menyemarakan acara ini.


Agil Permonojati, Mahasiswa KKN-PPM UGM dari Fakultas Ilmu Budaya yang terlibat aktif dalam acara ini menuturkan bahwa, dia berekspetasi besar terhadap acara ini dan mengharapkan antusiasme yang besar juga dari masyarakat dalam menyambut acara ini.


“Lumayan berdebar - debar karena ikut serta menyukseskan acara ini, saya juga sangat bersemangat karena kembali mengurusi pelaksanaan sebuah acara, terlebih diluar UGM,”ungkapnya. 


Agil juga menjelaskan bahwa acara ini juga merupakan bagian dari implementasi Sustainable Developments Goals (SDGs) Nomor 4 dan 11 yakni pendidikan berkualitas serta kota dan pemukiman yang berkelanjutan. Rencananya kegiatan ini juga akan dihadiri oleh Penjabat Walikota Kupang, George Melkianus Sadjoh, S.H. beserta jajaran. 

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan pembuka dari lomba voli tingkat kelurahan yang pesertanya berasal dari setiap RW di kelurahan

Oesapa Barat yang akan diadakan dari tanggal 12 - 26 Agustus 2023. (*TE)

×
Berita Terbaru Update