Notification

×

Iklan

Iklan

14 Pemuda NTT Siap Menyuguhkan Keindahan Musik Sasando dalam Perayaan HUT RI di Istana Negara

Senin, 14 Agustus 2023 | 1:00 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-08-14T05:00:20Z
14 pemuda berbakat asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bersiap untuk memukau penonton dengan alunan indah alat musik sasando. (Foto: Rado).

Kupang,Timorexotic.com||  Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, 14 pemuda berbakat asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bersiap untuk memukau penonton dengan alunan indah alat musik sasando. Para pemuda ini akan menghadirkan kebolehan mereka dalam acara upacara 17 Agustus di Istana Negara.


Izhu Nisnoni, yang dipilih menjadi konduktor, pelatih, dan pengaransir lagu daerah, mengarahkan harmonisasi dari alat musik tradisional Pulau Rote, yaitu sasando. Sasando sendiri telah dikenal di seluruh dunia berkat dentingan musik dan petikan alunan yang memukau. Hal itu disampaikannya saat dijumpai media di Kantor Dekranasda NTT pada Minggu, 13 Agustus 2023.


Kantor Dekranasda menjadi tempat latihan terakhir para pemuda tersebut sebelum tampil di Istana Negara. Izhu menjelaskan bahwa mereka telah berlatih selama satu bulan dengan 14 peserta, termasuk anak-anak SMA dan mahasiswa. Pada 17 Agustus nanti, mereka akan tampil di hadapan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.


"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Bunda Julie Laiskodat, yang telah membantu kami dari persiapan latihan hingga keberangkatan pada 14 Agustus. Bunda Julie adalah sosok luar biasa yang masih memberikan perhatian kepada NTT, bahkan setelah masa kepemimpinan Bapak Viktor berakhir," ujar Izhu.


Dari 30 peserta awal, 14 orang terpilih untuk menjadi perwakilan yang akan tampil di upacara tersebut. Mereka adalah pemuda yang belum berpengalaman sebelumnya, namun dipilih untuk mewakili harapan Bunda Julie dalam mencari bibit baru. Dengan latihan intens selama sebulan, para pemuda telah mencapai harmonisasi musik yang mendekati kesempurnaan, sekitar 90%.


Ketika tiba di Jakarta, mereka akan mendapat pelatihan lebih lanjut dari Martin Kohuan, seorang senior yang telah lama berkecimpung di dunia musik di ibu kota. Mereka juga akan mengenakan busana adat Rote, mencerminkan identitas budaya NTT dalam penampilan mereka.


Dengan semangat yang tinggi dan persiapan yang matang, 14 pemuda NTT ini siap memukau penonton dalam upacara peringatan HUT RI di Jakarta. Alunan indah sasando akan menjadi bagian tak terlupakan dari momen bersejarah ini. (TE)

×
Berita Terbaru Update