Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa UNWIRA Kupang, Prodi Ilmu Komunikasi Gelar Sosialisasi Komunikasi Efektif di SDN Balfai

Selasa, 13 Juni 2023 | 12:11 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-06-13T04:16:09Z
Mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan kegiatan sosialisasi kepada peserta didik SD Negeri Balfai.

Kupang,timorexotic.com|| Sejumlah Mahasiswa/i Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan kegiatan sosialisasi kepada peserta didik SD Negeri Balfai, Kota Kupang.


Sosialisasi tersebut diberikan kepada peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Negeri Balfai, Kota Kupang,  NTT pada Rabu, 31 Mei 2023. 


Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, terdapat tiga Materi yang diberikan oleh para mahasiswa/i, yakni komunikasi efektif peserta didik dengan guru, komunikasi efektif peserta didik dengan orang tua dan komunikasi efektif dengan sesama peserta didik.


Maria Dorcefina Anisa Obe yang merupakan salah satu pemateri dari kegiatan tersebut menjelaskan tujuan daripada kegiatan sosialisasi itu. 


"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada segenap peserta didik kelas 4 tentang komunikasi efektif yang baik dan benar ketika berhadapan dengan guru, orang tua, dan juga sesama peserta didik, " jelas Anisa.


Lamjutnya, dalam komunikasi efektif,  komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian dan peran yang sama terhadap suatu pesan. 


Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang disampaikan komunikator dapat diterima dan dimengerti dengan baik oleh komunikan sehingga tidak terjadi salah presepsi atau salah penafsiran. 


"Ketika komunikan dan komunikator mampu menyimak pernyataan yang disampaikan dan memberi respon baik dalam bentuk pertanyaan, kritik atau saran yang menunjukan mereka setuju atau bertentangan. Hal ini menandakan bahwa keduanya sama-sama terlibat dalam komunikasi itu sendiri," tutur Anisa.


Selain itu, Mario J. Papur yang juga adalah salah satu pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut menjelaskan, pentingnya komunikasi efektif antara peserta didik dan guru terutama ketika mengikuti pelajaran di dalam kelas. 


Selain itu, Mario juga memberikan contoh praktis dari komunikasi efektif tersebut. 


"Peserta didik diwajibkan untuk menghargai guru ketika sedang mengajar, menjawab pertanyaan ketika guru mengajukan pertanyaan, tidak membuat keributan ketika mengikuti pembelajaran, " jelas Mario. 


Para peserta kegiatan sosialisasi tersebut sangat antusias terutama dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para pemateri.


Adapun harapan dari para Mahasiswa/i UNWIRA Kupang Fisip Prodi Ilmu Komunikasi yang melaksanakan kegiatan sosialisasi di SDN Balfai tersebut adalah dengan adanya kegiatan sosialisasi itu dapat memberikan semangat juga energi positif dalam diri peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar (SD) Negeri Balfai, Kota Kupang. 


Hal itu bertujuan agar tetap menjaga komunikasi yang baik dan benar atau komunikasi efektif yang baik dengan para guru, orang tua, teman-teman dan siapa saja yang menjadi lawan bicaranya.


Penulis: Febro Kapitan

×
Berita Terbaru Update