Notification

×

Iklan

Iklan

Cetak Generasi Berprestasi, Pemkot Kupang dan BMC Gelar Lomba Hitung Cepat

Sabtu, 29 April 2023 | 5:16 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-04-29T09:16:04Z
Perlombaan menghitung cepat bagi 337 Siswa SD dan SMP di Kota Kupang. Sabtu, 29/04/23. Dok: Nixon Tae. 
Kupang,Timorexotic.com|| Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang bersama Universal Mega Centra (UMC) gelar Lomba Hitung Cepat bagi siswa-siswi tingkat SD dan SMP se-Kota Kupang. Dilaksanakan guna mencetak generasi berprestasi dan meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kupang.


Pagelaran lomba hitung cepat itu dikuti 337 siswa dengan rincian; SD 267 siswa dan SMP 77 siswa. 72 siswa akan meraih juara dari 337 siswa dalam perlombaan tersebut. Sabtu, 29 April 2023. 


Kabid Dikdas Okto Naitboho pada kesempatan itu menyampaikan, terdapat surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri 2023, kepada para kepala daerah. Isi dalam surat tersebut terkait Percepatan Pendidikan Numerasi di Daerah.


"Ketika surat edaran ini keluar, ternyata Kota Kupang sudah tiga kali langkah maju, kita telah berkomitmen gerakan numerasi, gerakan literasi, penguatan pendidikan karakter melaui pembentukan belajar, lomba-lomba itu bagian integral menuju percepatan numerasi, literasi di daerah," ungkap Okto.


Pada kesempatan yang sama Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjoh, saat membuka perlombaan itu mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang bersama para guru-guru sangat bekerja keras untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Siswa sementara menyelesaikan soal lomba.
"Mulai sekarang kita akan berbangga bersekolah dimana saja, baik di luar kota bahkan di dalam kota karena kualitasnya sama. Mari bergandengan bersama antara dinas dan para guru, bergerak secara sungguh-sungguh dengan semangat tinggi, maka  Kota Kupang akan sejajar dengan Kota-kota di dunia," pungkasnya.


Suryadi Kartono selaku Pimpinan Universal Mega Centra (UMC) dalam sambutannya mengatakan, UMC merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dimulai dari anak umur 3 tahun hingga 18 tahun. UMC telah berdiri di Kota Kupang sejak 2009.


"UMC berkomitmen mencetak generasi berprestasi dari anak-anak di Kota Kupang," ucap Suryadi.


Salah satu produk dari UMC memberikan pembelajaran matematika metode sampoa. Tujuan dari belajar dengan metode sampao untuk otak kiri dan otak kanan anak, agar lebih baik dalam belajar. 


"Kita punya komitmen untuk mencetak prestasi bagi anak-abak di Kota Kupang. Mereka akan membayangkan sampoa dalam berhitung, bangkitkan generasi anak di Kota Kupang agar sama dengan anak di seluruh indonesia dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," tutupnya.


Pantauan media ini, para siswa yang mengikuti perlombaan tersebut, salah satu materi lomba menyelesaikan 3000 soal matematika dalam 8 menit, terdapat sesi perlombaan yang harus dijawab siswa dengan cepat, melalui mendengar dan menulis. Turut hadir saat itu para guru pendamping dan orang tua.

*(Nixon Tae).

×
Berita Terbaru Update