Notification

×

Iklan

Iklan

264 Mahasiswa Universitas Terbuka Kupang Mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru

Minggu, 11 September 2022 | 5:13 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-01-12T18:19:57Z
264 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023

Kupang.Timorexotik.com|| Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Kupang melaksanakan kegiatan Orientasi Study Mahasiswa Baru (OSMB) tahun akademik 2022/2023 yang bertempat di hotel Aston. Kegiatan OSMB Universitas Terbuka Kupang tahap pertama ini dilaksanakan di 4 lokasi terpisah, yaitu di kota Kupang, di Timor Tengah Utara, di Timor Tengah Selatan dan di Ende. OSMB di kota kupang dilaksanakan di Hotel Aston yang diikuti 264 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Kegiatan dibuka oleh Direktur UPBJJ UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd. Sabtu, 10 September 2022. 

Kegiatan Orintasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) ini merupakan kegiatan tentang pengenalan proses belajar di perguruan tinggi, khususnya UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh, maka dalam kegiatan OSMB di UT salah satu materi yang diberikan kepada mahsiswa adalah   proses belajar mandiri. 

Adapun tujuan dilaksanakannya OSMB adalah mengenal Universitas Terbuka sebagai suatu lingkungan akademis serta juga mekanisme yang ada di dalamnya termasuk mengenalkan UPBJJ-UT Kupang, serta mekanisme yang ada di dalamnya. Kegiatan OSMB ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru, karena kegiatan  dilaksanakan untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa Universitas Terbuka (UT) bagaimana cara belajar di UT, termasuk penggunaan media belajar serta memaksimalkan semua sarana pembelajaran yang dipersiapkan UT untuk mahasiswanya, dimana cara belajar di UT berbeda, dengan kampus lainnya, mahasiswa UT dituntut kemandirian dalam belajar, selain cara belajar, di UT konsep mahasiswa mengikuti ujian juga berbeda, adanyanya ujian secara terpusat dan online. 

Demikian disampaikan Direktur UPBJJ UT Kupang Drs. Yos Sudarso, M.Pd, saat membuka Kegiatan Orintasi Studi Mahasiswa Baru di Hotel Aston Kupang pada, Sabtu, 10 September 2022. 

"Cara belajar kita di UT berbeda dengan kampus lainnya, selain itu konsep ujian juga berbeda, dimana ujian bisa kita lakukan secara terpusat atau secara online" ungkapnya.

Yos Sudarso menghimbau jika masyrakat Kupang dan sekitarnya ingin melanjutkan studi, UT bisa menjadi pilihan, karena kuliah di UT terdapat banyak kemudahan, serta banyak fasilitas pendukung yang tersedia. UT juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ada didaerah-daerah, karena konsep UT adalah menjangkau yang tidak terjangkau.

"Tidak ada kesulitan untuk untuk meraih sarjana di UT, karena konsep kampus UT bisa dibawa kemana, dimana sifatnya fleksibel dan terjangkau," pungkas Yos Sudarso. 

Pada kesempatan itu dihadirkan juga putri Indonesia NTT 2022, Breldy Angela Lerrik, S.H, untuk memberikan kuliah umum tentang membangun iklim inovasi dan kreatifitas untuk meningkatkan daya saing di Era Digital, selain memberikan kuliah umum, Breldy juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk bisa meraih impian mereka, melalui dunia pendidikan, karena menurut Breldy pendidikan merupakan yang paling utama dalam meraih cita-cita.

Breldy Angela Lerrick Putri Indonesia NTT 2022 juga menyampaikan harapannya, bahwa jangan pernah ragu untuk masuk di UT, karena UT sangat luar biasa, UT bukan hanya sekedar tempat menimba ilmu, tetapi di UT bisa  memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mendapat pembelajaran kehidupan dari karir dan pendidikan. "Harapan saya semoga UT semakin maju semakin jaya, dan selalu menjadi berkat buat mahasiswa. Harapan sarjana hukum lulusan cumlaude hukum Undana, yang ingin melanjutkan pascasarjananya  UT ini," harap Breldy. 

Mahasiswa  di UPBJJ UT Kupang keseluruhaan, kurang lebih dua puluh dua ribu (22.000) sedangkan mahasiswa yang aktif sekitar hampir menyentuh angka sepuluh ribu (10.000) di UPJJ UT Kupang. 

Terdapat empat (4) Fakultas yakni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial  dan Ilmu Politik (FHSIP), dan terdiri dari 35 program studi diploma dan S1, 5 program studi magister dan 2 program studi doktor degan akreditasi Program Studi A dan B.

Penulis: Okto Rohan 

×
Berita Terbaru Update