Notification

×

Iklan

Iklan

STIPAS Kupang Wisudakan 65 Mahasiswa Angkatan XXI

Senin, 29 Agustus 2022 | 8:01 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2022-08-29T00:01:24Z
Para Wisudawan-Wisudawati STIPAS KAK Angkatan XXI 

Kupang,Timorexotik.com|| Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang (STIPAS KAK) Mewisudakan 65 Mahasiswa-mahasiswi angkatan XXI bertempat di aula gereja Sta. Maria Assumpta Kupang. Sabtu,27/08/22.

Ketua Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS) KAK Rm. Emanuel B. S. Kase, S. Fil. MM kepada media menyampaikan bahwa, para wisudawan. 

Rm. Emanuel berharap para wisudawan mengikuti semua tuntutan zaman dan sekaligus kehidupan regulasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah yang mana mempersiapkan output atau para lulusan sehingga mereka keluar dari STIPAS bukan saja dengan gelar tetapi memiliki kompetensi atau keterampilan-keterampilan khusus yang nantinya untuk karya mereka. Sehingga kelak tidak selamanya setelah selesai atau lulus mereka akan menjadi guru agama tetapi bisa juga untuk kerja di segala bidang atau lini. 

"Stipas ini institusinya sudah terakreditasi yang nilainya 310 dan prodinya juga sudah terakreditasi B tapi sangat baik dan nilainya 318 sehingga untuk masuk ke Stipas tidak perlu ragu lagi karena semua sudah terakreditasi. Untuk Stipas saat ini hanya ada satu prodi saja jadi sedang mempersiapkan sumber daya manusia dengan penyuluh lapangan para dosen S3 dan S2 sesuai dengan resart kita dan visi misi kita bahwa di tahun 2025 itu kita harus membuka prodi baru yang lain lagi dan restra jangka panjangnya itu bahwa setelah ada prodi baru akan berkembang statusnya bukan sekolah tinggi lagi tapi menjadi institut," tandas Rm. Emanuel. 

Yang menggagas awal berdirinya Stipas terdapat beberapa orang, Alm. Rm. Pit Oli, Bapak Anton Bele, Rm. Ande Bele. Sebelum tahun 80-an dan 90-an sudah ada diplomat akan tetapi kelas jauh (filial) dari IPI Malang dan lokasi awal berdirinya Stipas ini di Paroki Assumpta. 

"Waktu angkatan pertama itu tahun 2002 yang mana bahwa mereka itu dari yang Diploma III (D III). Pastoral yang sebelumnya itu adalah kelas jauh dari Malang. Ketika dia berdiri langsung dengan program sarjana S1 sehingga tahun ini adalah angkatan yang ke-20," jelas Rm. Emanuel. 

Untuk tenaga pengajar saat ini di Stipas terdapat sarjana magister, satu orang doktor tenaga yang lainnya telah memiliki sertifikasi dosen dan kepangkatan akademik asisten ahli 2 dan yang lainnya itu lektor 200 dan lektor 300. Untuk dosen tetap terdapat 14 orang. Pada tahun 2022 ini akan ia meyakinkan bahwa akan cukup banyak peminatnya mahasiswa barun yang sudah melaksanakan PKKMB sebanyak 153 orang. Jumlah mahasiswa tahun akademik 2022-2023 sebanyak 500 orang mahasiswa.

"Stipas ini kan sebuah lembaga pendidikan keagamaan Katolik sehingga dia langsung bernaung di bawah Dirjen Dinas Katolik Kementerian Agama RI dan itu sudah setiap tahun selalu ada alokasi dana kusus sedangkan dari pemerintah daerah ya anak-anak kita juga hari ini dapat bantuan berupa beasiswa," jelas Rm. Emanuel. 

Terpisah, salah satu mahasiswi yang juga merupakan seorang wisudawati mengungkapkan rasa terima kasih dan juga pesan dan harapan baik kepada para Mahasiswa/i yang diwisudakan maupun kepada Kampus Stipas KAK. 

"Semoga Stipas ke depannya semakin maju dalam pendidikan dan juga dalam hal pastoral, teori dan praktek itu sejalan dan semakin berkembang kedepannya apa yang diraih hari ini akan terus berkembang kedepannya dan semakin menciptakan agen-agen pastoral yang baik dalam tugas-tugasnya. Harapannya semoga menjadi garam dan terang bagi sesama di tugas pelayanannya baik di sekolah maupun di tempat tugas sebagai katekis atau sebagai agen pastoral menjadi terang menjadi sahabat bagi semua orang dan menjaga martabat manusia," ungkap Sr. Lussy Wilfrida Asatuna,S.pd.

Dirinya melanjutkan, terima kasih kepada lembaga yang sudah menerima dan mendidik membentuk kami selama masa pendidikan 4 tahun kami juga berterima kasih kepada keluarga orang tua wali yang sudah memberikan kami kesempatan untuk menimba ilmu di lembaga, mendidik kami dengan cara mereka masing-masing membantu kami dalam masa menempuh masa pendidikan selama 4 tahun ini," tutupnya.

Penulis : Okto Rohan

Editor :Febro Kapitan 

×
Berita Terbaru Update