Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Pendidikan di Lingkungan Masyarakat

Selasa, 19 Desember 2023 | 7:43 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-12-19T12:08:13Z
Opini: Elfrida Jemilan
Pendidikan merupakan Salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan dalam diri seseorang. Pendidikan memiliki makna tersendiri, seseorang dikatakan berpendidikan apabila mengikuti kegiatan belajar mengajar atau menempuh pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi. Seseorang dikatakan berpendidikan apabila memiliki kemampuan yang lebih baik dan memiliki etika yang baik. Hidup dilingkungan harus memiliki dampak yang positif untuk bermasyarakat yang baik, menjadi orang yang berpendidikan akan menjadi contoh yang baik untuk hidup dilingkungan masyarakat.

Berdasarkan Apa yang kita ketahui bahwa orang yang berpendidikan akan menjadi contoh bagi orang di sekitar yang memberikan dampak positif untuk orang sekitar. Orang yang berpendidikan juga tidak memiliki etika yang baik yang patut di Contoh, misalnya: Seorang mahasiswi yang melakukan pencurian, itu merupakan tindakan yang tidak patut di contoh oleh masyarakat, karena meskipun mereka berpendidikan tapi tidak memiliki etika yang baik dan bermoral.

Berpendidikan memiliki manfaat yang sangat positif, misalnya: Kita yang hidup dilingkungan masyarakat memiliki kemampuan atau bakat yang patut kita bagikan kepada penerus atau adik-adik yang hidup dilingkungan masyarakat. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Pendidikan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah masyarakat, sehingga mereka dapat lebih mandiri dan mampu mengatasi masalah yang dihadapi. Sebagai seorang yang berpendidikan kita mengajak orang sekitar kita untuk melakukan kegiatan yang berdampak positif. Salah satu contoh:Kita mengajak masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Itu merupakan salah satu contoh yang baik untuk patut di contoh.  Menjadi Seorang yang berpendidikan sangat lah tidak mudah, bukan hanya disebut sebagai berpendidikan tetapi juga harus menjadi panutan untuk adik-adik disekitar, maupun dilingkungan masyarakat.Pendidikan dapat berlangsung di dalam maupun di luar sekolah.

Manfaat Pendidikan sangat lah kuat dilingkungan masyarakat, seperti:dengan adanya pendidikan, orang bisa berpikir dan mencari solusi dalam memecahkan suatu masalah yang pendidikan sangat berperan penting dalam kehidupan kita , dengan adanya pendidikan kita bisa menilai mana yang baik yang patut dicontoh dan mana yang buruk yang tidak perlu di ikuti.Dengan adanya pendidikan kita bisa bersosialisasi dengan orang lain dan serta bisa beradaptasi dengan lingkungan dan orang sekitar.Untuk menggapai cita-cita dan masa depan harus melalui proses pendidikan, baik lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.Sebagai penerus bangsa Indonesia kita sebagai warga negara Indonesia harus membela bangsa dengan mengikuti pendidikan yang berlaku di Pendidikan sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita, dengan berpendidikan kita bisa mudah mencari pekerjaan dan bersosialisasi dengan orang lain.Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang dapat memajukan masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan harus menjadi prioritas bagi setiap orang,baik pemerintah, masyarakat, maupun keluarga.

Pada zaman sekarang orang yang tidak berpendidikan akan sulit untuk mencari pekerjaan.Apabila kita berpendidikan kita dengan mudah mencari relasi dan mencari pekerjaan dengan mudah.Sebagian besar anak muda sekarang melakukan pendidikan karena sangat memberi dampak positif untuk masa depan.Kehidupan dimasyarakat sangat membanggakan jika anaknya berpendidikan, karena itu sangat membanggakan orang tua dan orang sekitar.Mengejar masa depan adalah hal yang tidak pernah asing lagi untuk di dengar karena sebagian besar kita semua warga negara Indonesia berpendidikan.Mari kita mainkan peran kita sebagai pelajar untuk mencapai cita-cita .Kita sangat berperan penting untuk bangsa Indonesia dan masyarakat setempat.**




×
Berita Terbaru Update