Notification

×

Iklan

Iklan

Exotic Tenun Fest 2023 Akan Digelar, Mengangkat Pesona Tenun NTT dan Pengembangan UMKM Lokal

Selasa, 22 Agustus 2023 | 8:02 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-08-22T00:02:21Z

 

Kupang,Timorexotic.com|| Exotic Tenun Fest 2023 kali ke-tiga ini dengan tema: Toward Green Economy: NTT’s exotism contributes globally Indonesia Pride.


Indonesia dengan kekayaan budayanya, memiliki berbagai seni tenun yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu daerah yang kaya dengan seni tenun yang eksotis. Exotic Tenun Fest  2023 kali ini akan menjadi wadah bagi para pelaku industri, desainer, dan pecinta tenun untuk berkumpul, berbagi dan berkolaborasi. ETF 2023 ini akan digelar pada 25 hingga 27 Agustus 2023 di Kota Kupang.


Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Donny H. Heatubun kepada media ini pada Senin, 21 Agustus 2023.


"Exotic Tenun Fest 2023 atau ETF 2023. Penyelenggaraan ETF kali ini merupakan kali ketiga, setelah pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021," jelas Donny.


Donny menerangkan, Exotic Tenun Fest 2023, atau ETF 2023 merupakan event yang didedikasikan untuk mempromosikan kepada khalayak umum mengenai keindahan dan keunikan tenun tradisional NTT. Tidak hanya itu, di sisi lain ETF 2023 juga dilaksanakan untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Event ini akan menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk mereka, menjalin hubungan bisnis, dan mendapatkan pelatihan serta dukungan yang mereka butuhkan. Selain itu, ETF 2023 juga akan menyajikan berbagai event seperti fashion show dengan menggunakan busana dan Tenun NTT, berbagai macam perlombaan, pameran, dan edukasi untuk memperkaya masyarakat dalam dunia tenun dan UMKM.


" Mengapa kami mengadakan Exotic Tenun Fest 2023? Pertama-tama, kami ingin memberikan penghargaan kepada budaya tenun tradisional NTT yang memiliki nilai seni dan kultural yang tinggi. Tenun adalah warisan berharga yang harus kita lestarikan dan angkat menjadi kebanggaan kita bersama. Kedua, event ini memiliki tujuan ekonomi yang kuat. Melalui ETF 2023, kami ingin mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan memperluas pasar bagi produk-produk unggulan daerah kita. Dalam rangkaian kegiatan ini, kami juga akan memberikan pelatihan dan edukasi kepada para pelaku UMKM agar dapat berkembang dengan lebih baik. Event ETF 2023 juga turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dalam rangka meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk UMKM dalam negeri," ucap Donny.


Rangkaian kegiatan yang mencakup Pre-eventETF 2023, di antaranya: Business Matching yang dilaksanakan pada 11-12 Agustus 2023 di Atambua. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan pembeli potensial baik dari dalam negeri dan luar negeri. 


Sertifikasi Produk UMKM yang dilaksanakan sepanjang bulan Agustus bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pasar produk UMKM unggulan dari Provinsi NTT. Sertifikasi halal menjadi fokusan utama sejalan dengan peningkatan kualitas produk untuk bersaing di pasar nasional dan internasional, selain sertifikasi pengawasan mutu dan keamanan pangan (HACCP).


Selain itu, pada kegiatan Pre-event dilakukan juga Lomba terkait Tenun NTT, seperti Lomba Desain Busana dengan menggunakan Tenun khas NTT sebagai bahan utama.


"Exotic Tenun Fest 2023 tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Event ini merupakan sinergi Pentahelix antara pelaku usaha, Pemerintah Daerah, akademisi, komunitas, dan media. Seluruh pihak ini memiliki peran penting dalam mengangkat budaya tenun dan mengembangkan UMKM lokal. Kami juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menggelar Pre-event yang telah berlangsung dan mendapatkan respons positif dari masyarakat," tutup Donny.

Penulis: Nixon Tae 

×
Berita Terbaru Update