Notification

×

Iklan

Iklan

Paroki Santa Maria Fatima Nurobo Meriahkan HUT ke-45 Dengan Lomba Kuis Kitab Suci

Kamis, 01 Juni 2023 | 5:00 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-06-01T09:10:25Z


Penyerahan hadiah lomba kuis kepada pemenang setelah misa penutupan HUT Paroki Nurobo.

Malaka, Timorexotic.com|| Paroki Santa Maria Fatima Nurobo, yang terletak di Keuskupan Atambua, Dekenat Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), merayakan hari ulang tahun ke-45 dengan perlombaan kuis Kitab Suci antar SD, SMP, SMA dan lingkungan separoki Nurobo.

Pada penutupan perayaan Ekaristi yang dihadiri oleh umat Paroki Nurobo dari berbagai stasi pada Rabu (31/5/2023).


Perayaan ini diadakan sebagai penghormatan dan kenangan atas penampakan Bunda Maria yang terjadi di Fatima, Portugal pada tahun 1917.

Penutupan ini dimeriahkan dangan perayaan Misa Kudus yang dipimpin oleh Pastor Paroki Nurobo, Pater Arkidius Sifa, CMF. Ia didampingi oleh Pastor rekan, Pater Yosep Markus Arkian, CMF, Pater Pangkratius Kandelu, CMF, dan Frater Raimundus Yohanes Busa Paga, CMF.


Dalam homilinya, Pater Pangkras menanyakan, "Mengapa Bunda Maria menampakkan diri kepada tiga anak kecil di Fatima, bukan kepada kami, misalnya para pastor atau suster?" Pater rekan Sta. Maria Fatima Nurobo ini menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan bahwa Bunda Maria mencari hati yang seperti anak kecil karena Dia tahu bahwa dalam kepolosan mereka, mereka akan menerima-Nya dan Putranya, Yesus Kristus.


Selain Misa Kudus dan acara Ramah Tamah, panitia juga mengumumkan hasil perlombaan kuis tingkat SD, SMP, SMA, serta lingkungan. Hadiah diberikan kepada para peserta oleh panitia.

Lebih lanjut, Pastor Paroki Nurobo, Pater Arkidius Sifa, CMF, mengatakan meskipun perayaan ini diselenggarakan secara sederhana, tujuan utamanya adalah untuk memupuk rasa kekeluargaan di antara umat Katolik. "Hari ini kita kembali berkumpul untuk meriahkan ulang tahun paroki yang ke-45. Saya juga merayakan ulang tahun pada hari yang sama dengan ulang tahun paroki ini. Tahun lalu, saat paroki ini masih dalam kandungan, saya baru lahir. Tetapi umurnya hampir sama dengan saya," ungkap Pater Arkidius dengan gembira.


Pater Arkidius Sifa, CMF, mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kesempatan semua umat Paroki Nurobo bisa berkumpul merayakan ulang tahun ini. Ia meyakini bahwa Santa Maria Fatima, yang pada saat itu menampakkan diri kepada Lusia, seorang anak kecil, selalu menampakkan diri kepada semua umat di sini. Namun, bagaimana peran kita dalam berdevosi dan berdoa kepada Santa Maria yang menampakkan diri di Fatima, Portugal, akan memengaruhi keluarga kita. Pater Arkidius juga mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Malaka, serta seluruh umat Paroki Nurobo yang ikut berpartisipasi dalam misa syukur tersebut.


Pada acara peringatan HUT Paroki Santa Maria Fatima ini, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Malaka, Herman Yosep Reda Lete. S,Ag. M. A. B, memberikan sambutan penguatan dan ucapan selamat kepada umat Paroki Nurobo.

Dalam sambutannya, Herman Lete menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang memberi hidup, karena tanpa-Nya kita tidak ada artinya. Ia mengakui bahwa berkat Tuhan, mereka dapat merayakan HUT Paroki Nurobo yang ke-45. Herman Lete juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dari dirinya, keluarganya, dan seluruh jajaran Kantor Agama Kabupaten Malaka.


Acara peringatan HUT Paroki Santa Maria Fatima ini dihadiri oleh Ketua Kantor Agama Kabupaten Malaka, Pengawas Kabupaten Malaka, guru-guru SD, SMP, SMA separoki, Ketua DPP, Ketua Stasi, para Ketua Lingkungan, dan seluruh umat Paroki Nurobo.


Dalam suasana yang penuh kebersamaan dan kegembiraan, perayaan HUT Paroki Santa Maria Fatima Nurobo yang ke-45 ini menjadi momen bersejarah bagi umat Katolik di Nurobo. Dengan Ekaristi sebagai pusat perayaan, umat dapat merayakan dan menghormati penampakan Bunda Maria di Fatima, serta mempererat ikatan kekeluargaan dalam iman mereka. Semoga Paroki Santa Maria Fatima Nurobo terus tumbuh dan memberkati umatnya dalam perjalanan iman yang semakin kokoh.

Penulis: Fredy Kabosu


×
Berita Terbaru Update