Notification

×

Iklan

Iklan

Respon Cepat, Dukcapil TTU Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi 10 KK Korban Bencana Kebakaran

Sabtu, 04 Maret 2023 | 7:41 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-03-03T23:42:40Z
Petugas Dukcapil TTU Serahkan Dokumen Kependudukan Bagi Warga Korban Bencana Kebakaran.

TTU,TIMOREXOTIC.COM|| Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara bergerak cepat merespon laporan tentang musibah kebakaran dengan menerbitkan sekaligus menyerahkan secara langsung Dokumen Kependudukan kepada Sepuluh (10) Kepala Keluarga Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang terkena dampak kebakaran di Kelurahan Kefamenanu Selatan, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kamis (02/03/2023).


Penyerahan Dokumen Kependudukan berupa Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan KTP-el diserahkan oleh Sekretaris Dinas, Stefanus Tefa Sallu, S.IP dan Kepala UPTD Bikomi Utara, Germanikus Naihati, S.IP dan disaksikan langsung oleh Ketua RT 052, Kelurahan Kefamenanu Selatan, Daniel Benu serta warga sekitar lokasi kebakaran.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten TTU, Richardus Erwin Taolin, SE melalui Sekretaris Dinas, Stefanus Tefa Sallu menjelaskan bahwa respon cepat yang diberikan oleh Disdukcapil Kab. TTU kepada 10 Kepala Keluarga yang terkena dampak kebakaran merupakan bentuk kehadiran Pemerintah ditengah masyarakat serta menjadi salah satu dari Program Pelayanan Jemput Bola Online (Jempol) yang selama ini digaungkan oleh Disdukcapil TTU yakni memberikan Pelayanan Dokumen Kependudukan bagi seluruh masyarakat Kabupaten TTU tak terkecuali Penduduk Rentan Adminduk.

“Penyerahan Dokumen Kependudukan secara langsung kepada 10 Kepala Keluarga dampak kebakaran merupakan bentuk kehadiran Pemerintah ditengah masyarakat dan juga salah satu Program Pelayanan Jempol yang selama ini digaungkan oleh Disdukcapil yakni dengan memberikan Pelayanan Dokumen Kependudukan bagi seluruh masyarakat Kabupaten TTU tak terkecuali Penduduk Rentan Adminduk,” ungkap Stefanus.


Daniel Benu, Ketua RT 052 mewakili Lurah Kefamenanu Selatan kepada dukcapilkabttunews memberikan apresiasi kepada Disdukcapil Kab. TTU yang telah merespon laporan dari kelurahan dengan langsung menerbitkan Dokumen Kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP-el dan Akta Kelahiran. Dirinya juga menambahkan jikalau penyerahan Dokumen Kependudukan ini sangat berarti dalam membantu warga yang terdampak kebakaran dimasa tanggap darurat saat ini.


“Saya mewakili Lurah Kefa Selatan sangat mengapresiasi Disdukcapil Kab. TTU yang cepat merespon laporan dari kelurahan dengan langsung menerbitkan sekaligus datang dan menyerahkan secara langsung Dokumen Kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP-el dan Akta Kelahiran. Ini sangat membantu bagi warga saya yang terkena dampak kebakaran apalagi dimasa sekarang,” ungkap Daniel.


Sementara itu Agus Junianto salah satu warga korban dampak kebakaran menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Disdukcapil Kab. TTU yang telah menyerahkan Dokumen Kependudukan kepadanya dan teman-temannya yang terkena musibah. Dirinya juga berharap agar Disdukcapil terus melakukan pelayanan kepada masyarakat lain yang membutuhkan Dokumen Kependudukan.


“Kami sangat berterimakasih kepada Disdukcapil Kab. TTU yang telah memperhatikan kami dengsn cara membantu menerbitkan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan KTP. Saya juga berharap agar disdukcapil terus melakukan pelayanan kepada masyarakat lain yang membutuhkan Dokumen Kependudukan.


Note: Untuk diketahui  dalam Permendagri No. 96 tahun 2019 tentang Pendataan Dan Penerbitan Dokumen Kependudukan Bagi Penduduk Rentan Administrasi Kependudukan. (Penduduk yang mengalami hambatan dalam memperoleh Dokumen Kependudukan yang disebabkan oleh bencana alam dan kerusuhan sosial).


Yang masuk dalam penduduk rentan meliputi : penduduk korban bencana alam, penduduk korban bencana sosial, orang terlantar, dll (*red.

×
Berita Terbaru Update