Notification

×

Iklan

Iklan

Gempa Bumi Tektonik M 6.0 Terjadi di Tapanuli Utara, ARC Lakukan Aksi

Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:28 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2022-10-23T03:30:27Z

Jakarta.Timoreksotik.com|| Gempa bumi Tektonik  M 6.0  terjadi di Tapanuli Utara. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Hasil Penelusuran media  melalui grup Advent Respon Cepat (ARC)  terdapat rumah anggota gereja Masehi Advent  Hari  ke Tujuh yang terdampak. 

“Baru ada kabar dari kampung  Hutapea di Simaninggir, Tarutung bahwa gempa 6.0 SR richter, rumah keluarga kami hancur semua tidak bisa digunakan sebab semua genteng atap hancur dan dinding ada yang terbelah” Cuitan salah satu anggota  grup. 

Media mencoba menghubungi Bupati Tapanuli Utara  Nikson Nababan dan mendapatkan informasi bahwa  Sebanyak 1.316 rumah warga, 72 tempat ibadah, 31 saluran irigasi, dan fasilitas lainnya di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, rusak dampak gempa bumi tektonik yang terjadi Sabtu (1/10).

"Data terkini itu sebanyak 1.316 rumah warga, 72 rumah ibadah, dan 31 ruas jalan rusak akibat gempa.Jumlahnya masih bisa bertambah karena pendataan masih terus berlangsung," Kata Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan di Tarutung  pada minggu (02/10/22)

Rilis yang didapat media ini diungkapkan bahwa  ARC DPD SUMUT telah turun ke lokasi yang didahului  oleh kak Maruli Situmorang pada tanggal 3 Oktober 2022 seperti yang telah dilaporkannya. 

"Saat ini juga, relawan ARC Indonesia sudah berada di lokasi bencana untuk turut bantu para korban bencana dan menyalurkan bantuan yang diberikan.  Dan juga telah berkoordinasi dengan Tim Psikososial SSDM Polri untuk rencana  kegiatan Team Building Polri" 

Realisasi penyampaian bantuan dilaksanakan oleh ARC pada tanggal 13 Oktober 2022 diungkapkan bahwa  Proyek ini dikomandoi oleh kak Zelda Gultom Siahaan selaku kordinator DPD Sumut serta dilaksanakan oleh kak Doli Silaban yang merupakan salah saru pengurus ARC DPD Sumut bersama pendeta distrik Tarutung Pdt F. Manurung dan seorang relawan yaitu bapak Immer Nainggolan. Adapun lokasi pelayanan antara lain, Tarutung, Hutabarat, Sipoholon, Simorangkir dan Simaninggir.

Bagi saudara yang ingin berdonasi membantu mereka yang mengalami bencana dapat mengirim melalui rekening   rekening BNI 077.2753.400 ADRA INDONESIA dan Bank Mandiri 121-000-980-3176 YPMI Yayasan Pelayanan Masyarakat Indonesia. (**/red

×
Berita Terbaru Update