Notification

×

Iklan

Iklan

Panitia Pemilihan Kepala Desa Uabau, Kec. Laenmanen Telah Dibentuk

Jumat, 26 Agustus 2022 | 7:09 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2022-08-25T23:09:29Z

Malaka, Timorexotik.com|| Dalam menindaklanjuti Peraturan Bupati Malaka No. 31 Tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Malaka, maka pada hari ini, Kamis, 25 Agustus 2022 bertempat di kantor Desa Uabau dilakukan pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa Uabau yang dilakukan oleh BPD Desa Uabau dan Pemerintah setempat.  

Dalam pemilihan tersebut  sesuai dengan intruksi perbup Malaka No. 31 tahun 2022 pada BAB III paragraf 2 pasal 5 maka untuk jumlah pemilihan Desa Uabau memiliki jumlah pemilih antara 750-1000 pemilih, terdapat 9 orang panitia pemilihan Kepala Desa sebagai berikut :

1. Emanuel Berek (Ketua)

2. Paulus Manek (Sekertaris)

3. Margarida Nita Parera (Bendahara)

4. Gabriel Manek (Wakil Ketua)

5. Ferdynandus Ikun (Anggota)

6. Getrudis Niis Bouk (Anggota)

7. Kunera Fouk (Anggota)

8. Thomas Tuli (Anggota)

9. Delviana Un (Anggota)

Yang mendapat kepercayaan menjadi panitia pemilihan kepala desa merupakan keterwakilan dari setiap dusun di wilayah Desa Uabau yang berjumlah 5 dusun, hal ini dilakukan sebagai bentuk pemerataan, selain pemerataan dari setiap kepala dusun sesuai dengan intruksi perbup agar diperhatikan 30% harus ada keterwakilan dari kaum perempuan.

Kepada media ini Ferdy Ikun yang merupakan salah satu panitia terpilih pemilihan kepala desa menjelaskan bahwa, tahapan pemilihan dimulai dengan pembetukan panitia pemilihan, penjaringan bakal calon Kepala Desa, seleksi administrasi, penetapan calon Kepala Desa dan pemilihan Kepala Desa yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2022. "Tahapan pemilihan dari awal September ini, yaitu penjaringan bakal calon kepala desa, seleksi, administrasi, lalu dilanjutkan dengan penetapan calon kepala desa untuk dilakukan pemilihan kepala desa yang mana tepatnya akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember Nanti, " ucapnya. 

Pada kesempatan ini yang sempat hadir adalah kepala wilayah setempat yaitu Penjabat Desa Uabau beserta aparat desa, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, ketua BPD beserta anggota, Babinsa setempat, dari pihak kepolisian polsek Laenmanen dan pendamping desa.

Untuk diketahui yang menjabat kepala Desa Uabau saat ini Frans Un, ketua BPD Paulus Luan, pendamping Desa Delviana Florida Nahak.

Harapan dari panitia pemilihan kepala Desa Uabau yang terbentuk hari ini, semoga masyarakat Desa Uabau dapat melaksanakan pemilihan sesuai dengan proses yang harus dilalui sesuai dengan ketetuan yang berlaku, serta sesuai dengan harapan bersama serta tetap menjaga situasi tetap kondusif dari setiap awal tahapan pemilihan sampai tahap akhir pelantikan. "Kami panitia yang sudah terbentuk hari ini mengharapkan proses pmilihan kades serentak nanti berjalan sesuai dengan yang diharapkan, yang nanti mendaftar sebagai calon Kepala Desa Uabau adalah putra-putri terbaik dari Desa Uabau" jelas ferdy. 

Ferdy Ikun berharap untuk pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Malaka, masyrakat Malaka pada umumnya harus melihat momentum pemilihan kepala desa serentak ini dengan penuh bijak dalam menanggapi situasi politik, karena akan ada persaingan dari setiap kelompok. "jangan jadikan momen ini untuk persaingan yang negatif, karena ini persaingan politik yang transparan dan harus sehat" tutup Ferdy.

Penulis : Okto Rohan 

×
Berita Terbaru Update