Notification

×

Iklan

Iklan

Jelang Akhir Masa Jabatan Victory-Joss: Gubernur VBL Beberkan Berbagai Capaian Selama Memimpin

Rabu, 16 Agustus 2023 | 8:41 PM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-08-16T12:41:47Z
Pidato Pembangunan Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur di Aula Eltari Kupang pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Kupang,Timorexotic.com||Tahun ini merupakan tahun terakhir periode kepemimpinan Victory-Joss. Di ujung perjalanan periodisasi kepemimpinan tersebut, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam pidatonya menyampaikan berbagai capaian pembangunan selama lima tahun yang berlangsung di tengah berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman lingkungan lokal, nasional dan global yang terus berubah dinamis. 


Kepemimpinan mereka dimulai dengan membangun narasi baru yang menggambarkan NTT sebagai provinsi luar biasa kaya yang memberi harapan sebagai negeri terjanjikan yang dianugerahkan Tuhan. 


NTT bangkit dimulai dengan merevolusi cara pandang yang memerdekakan dari stigma keterbelakangan yang menjajah dan melemahkan.


Demikian yang disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dalam Pidato Pembangunan Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur di Aula Eltari Kupang pada Rabu, 16 Agustus 2023.


Dalam pidato tersebut, Viktor menyampaikan beberapa capaian pembangunan secara makro. 


"Tingkat pertumbuhan ekonomi NTT pada Triwulan II Tahun 2023 mencapai 4,04 persen (YoY). Sebelumnya, di masa pandemik covid-19, pertumbuhan ekonomi sempat mengalami kontraksi dengan pertumbuhan minus 2,28 . Sementara itu, PDRB per kapita kita pada tahun 2022 sebesar Rp. 21,7 juta, meningkat dibanding tahun 2018 sebesar Rp. 18,42 juta.

Pertumbuhan ekonomi NTT berlangsung dalam inflasi yang dapat dikendalikan, di mana pada Juli 2023 inflasi 3,88 persen (yoy) , berada di rentang sasaran inflasi 3 ± 1%. Hal ini diikutidengan persentase kemiskinanyang menurun dari 21,35 persentahun 2018 menjadi 19,96 persen pada Maret 2023 atau menurun1,39 persen," jelas Viktor.


Viktor juga menjelaskan terkait pemerataan pembangunan dari waktu ke waktu yang menurun. 

"Seiring dengan itu, tingkat pemerataan pembangunan yang diukur dari indeks gini yakni 0,355 di tahun2019 menjadi 0,325 pada periode Maret 2023 dan lebih rendah dari rata-rata nasional 0,388," ucapnya. 


Selain itu, Viktor menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga mengalami peningkatan sebesar 1,51 poin yakni 64,39 pada tahun 2018 menjadi 65,90 di tahun 2022. 


"Kenaikan itu disebabkan oleh kenaikan usia harapan hidup dari 66,38 tahun2018 menjadi 67,47 tahun 2022; harapan lama sekolah juga meningkat lebih baik pada tahun 2022 yakni 7,70 dibanding 7,30 di tahun 2018. Demikian pula angka pengeluaran per kapitanaik menjadi Rp 7,87 juta padatahun 2022 dibanding tahun 2018sebesar Rp 7,56 juta," tutur Viktor. 


Selain capaian secara makro, Viktor juga menyampaikan beberapa cuplikan pencapaian misi sesuai dengan jenis urusan wajib pelayanan dasar, urusan wajib non-pelayanan dasar serta urusan pilihan yang menjadi domain kewenangan Provinsi NTT.


Capaian misi tersebut terdapat sembilan capaian di bidang Kesehatan, dibidang Pendidikan dan Olahraga, dibidang pariwisata dan Bidang Pertanian. Kemudian bidang peternakan, bidang kelautan dan Perikanan,  bidang Infrastruktur, bidang Ivestasi, perdagangan, Industri, dan energi serta bidang koperasi, ketenagakerjaan, pemberdayaan masyarakat desa dan Kawasan Perbatasan juga bidang reformasibirokrasi.


Di akhir pidatonya, Viktor menyampaikan terimakasih kepada semua mitra yang telah membantu dan mendukung mereka dalam masa kepemimpinan.


"Kami akan mengakhiri perjalanan kepemimpinan ini, sebab pemerintahan yang demokratis hadir dalam rentang usia yang terbatas. Pada kesempatan yang berbahagia menyongsong peringatan kemerdekaan tahun ini dan menjelang akhir masa jabatan kami ini, perkenankanlah saya dan Wakil Gubernur menyampaikan terima kasih atas kepercayaan serta dukungan seluruh rakyat bagi kami dalam memimpin Provinsi ini," ucap Viktor. 


Dirinya melanjutkan bahwa mereka berdua telah memberi segala yang terbaik untuk membangun NTT tercinta, namun tak ada gading yang tak retak. 


"Kami menyadari bahwa masih ada kekurangan di sana-sini,masih ada hal-hal yang belum memuaskan, masih ada janji-janji yang belum tergenapi. Akhirnya, dengan rendah hati perkenankan kami dengan tulus menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

-Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo sertaseluruh Jajaran Kabinet Indonesia Maju yang telah memberi perhatian khusus bagi masyarakat dan pembangunan NTT.-Anggota DPR/DPD asal NTT yang telah memberi perhatian bagi pembangunan daerah ini.

-Pimpinan, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT atas dukungan dan kemitraan dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di daerah ini.

- Para Bupati dan Walikota se-NTT 

atas dukungan, kerja sama dan komitmen dalam memajukan daerah ini.

-Unsur Forkopimda Provinsidan Kabupaten/Kota se-NTT yang telah bersinergi bersama Pemerintah Provinsi dalam

membangun daerah ini.

-Seluruh Masyarakat NTT warga Flobamorata yang kami cintai, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan danpemuda, para sesepuh NTT, perguruan tinggi, badan dan lembaga internasional atas berbagai sumbangan bermakna yang telah diberikan kepada Pemerintah dalam membangun dan memajukan daerah ini.

-Rekan-rekan wartawan baik media cetak, maupun media elektronik dan online yang telah mengontrol pemerintah, mengedukasi masyarakat dan memperluas informasi pembangunan. Akhir kata, saya bersama Bapak Wakil Gubernur beserta istri dan keluarga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kasih kepada semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu atas segala lantunan syafaat, nasehat, ide-ide cerdas,kritik, perhatian dan segala tindakan baik yang mendukung kami selama lima tahun masa kemepimpinan," ungkap Viktor. 


Viktor juga mengungkapkan sebuah pernyataan berupa kata-kata mutiara yang sangat menginspirasi.


"Pemimpin itu 

ibarat matahari, jika iaterbit tak ada 

yang dapat menolaknya, tetapi jikaia 

pergi takada yang dapat 

menahannya," tuturnya.


Kemudian Viktor mengakhiri pidatonya dengan mengajak seluruh masyarakat NTT untuk terus satukan langkah dan tekad untuk memajukan NTT menuju masyarakat adil dan sejahtera.


Penulis: Febro Kapitan 

×
Berita Terbaru Update