Notification

×

Iklan

Iklan

Beberapa Fasilitas Taman Nostalgia Akan Direhab Tahun Ini, Demi Keamanan dan Keindahan

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 5:32 AM WIB | Di Baca 0 Kali Last Updated 2023-08-11T21:34:15Z

  

Kadis LHK Kota Kupang saat diwawancarai di taman nostalgia pada Kamis, 10/08/23.

Kupang,Timorexotic.com|| Taman Nostalgia Kota Kupang yang kini berada di pusat Kota Kupang akan direhabilitasi pos penjagaannya serta beberapa fasilitas, perehapan itu akan dilakukan oleh pihak ketiga dalam tahun 2023 ini. Hal itu demi menjaga keamanan serta kebersihan tamnos.


Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang Orzon Nawa, ketika mengikuti pengobatan gratis yang dilaksanakan wartawan NKRI NTT bersama dr. Christian Widodo di Taman Nostalgia Kamis, 10 Agustus 2023.


"Ditamnos dulu ada pos jaga akhirnya tidak berfungsi secara baik, mungkin dalam waktu dekat ada pihak ketiga yang memfasilitasi rehap pos jaga tamnos dan menjadi kantor UPT. Sehingga secara tidak langsung juga melaksanakan tugas pengamanan," jelas Orzon.


“Sudah di desain. Untuk anggarannya tidak di ketahui yang penting partisipasinya," lanjutnya. 


Sebelumnya terdapat pengakuan dari seorang Satpol PP yang menjaga di lokasi itu, mengatakan bahwa mengenai biaya listrik anggota Satpol PP mengisi dengan uang pribadi.


"Kalau soal penanganan biaya listrik bukan di kami, itu di UPT lampu. Jadi kami tidak berurusan dengan listrik, kami hanya menata taman, soal listrik ada unit sendiri yang mengatur,”tegasnya.


Saat ditanya wartawan untuk kordinasi, dirinya menyampaikan bahwa selalu komitmen dengan kordinasi, namun usaha itu belum terjawab. 


“Kalau untuk kordinasi saya orangnya selalu komitmen dengan kordinasi tetapi jawabannya belum, ya saya tetap berusaha,” ujarnya.


Karena terpantau media di beberapa taman yang dikelola oleh Dinas LHK tidak terawat dengan baik, bahkan terdapat beberapa fasilitas taman yang hilang, Orzon Nawa mengaku bahwa minimnya ketersediaan dana dan mobil tengki.


“Jujur kami punya ketersediaan dana sangat minim. Kami punya mobil tengki air hanya 7, yang berfungsi dengan baik hanaya 5 sedangkan Kota Kupang sangat luas, semua bolifard dan taman kita punya kewajiban untuk menyirami sumber daya juga sangat minim. Beberapa waktu lalu kita ada kordinasi dan mendapat bantuan dari dinas pertambangan provinsi secara subsidi gratis. Mereka telah perbaiki sumur bor yang ada disini, kita masih tunggu anggaran untuk instalasi, saya yakin instalasi air di sini sudah bisa bekerja,” terangnya.


Terdapat 8 taman yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kupang. Taman-taman itu antara lain, Taman Nostalgia, Taman Adipura, Taman Patung Tirosa, Patung Sonbai, Taman Tagepe. Taman Ina Bo’i dan Alun-alun Kota Kupang serta Taman Fontein.


Penulis : Nixon Tae 



×
Berita Terbaru Update